Bocoran Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Agus Subiyanto

KASAD Jenderal Agus Subiyanto (Kanan) & Chief of Australian Army Lieutenant General Simon Andrew Stuart. (Dokumentasi: TNI AD)

FAKTA.COM, Jakarta - Komisi I DPR RI rencananya bakal menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Senin 13 November 2023.

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Ardhityo mengungkapkan setidaknya ada dua isu prioritas yang nantinya bakal ditanyakan kepada Jenderal Agus. Pertama, tentang persiapan Pemilu 2024 dan kedua adalah permasalah keamanan Papua.

Khusus untuk masalah keamanan Papua, Bobby menuturkan bahwa hal tersebut menjadi prioritas.

"Paling utama, bagaimana kesiapan dalam menghadapi Pemilu, dan tentu prioritas utama penanganan masalah di Papua, masalah keamanan di Papua," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 10 November 2023.

Agus Subiyanto Fit & Proper Test Panglima TNI di DPR Pekan Depan

Lebih lanjut diungkapkan, Komisi I bakal menguliti ihwal pemenuhan formasi keamanan di Bumi Cenderawasih, mengingat kini ada empat Daerah Otonomi Baru atau DOB. Adapun keempat DOB itu adalah Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

Bobby menjelaskan, maksud dari formasi keamanan adalah bagaimana nantinya TNI menyikapi empat wilayah DOB. Apakah nanti bakal membuat sebuah Komando Daerah Militer (Kodam) maupun Komando Distrik Militer (Kodim) baru.

"Kalau dulu kan ada Kodam, Kodam itu membawahi berapa, nah ini sekarang apakah Kodam itu akan dibentuk Kodim-kodim baru. Karena kan ada yang namanya wilayah administrasi baru, tentunya memerlukan organisasi militer yang bisa naungi kebutuhan tersebut," ungkapnya.

Dudung Masuk Masa Pensiun, Agus Subianto Dilantik Jadi KSAD

Setelah fit and proper test, Komisi I nantinya akan menggelar rapat internal untuk menentukan hasil apakah Jenderal Agus disepakati menjadi Panglima TNI atau tidak.

Bila seluruh proses berjalan lancar, Komisi I DPR akan mengumumkan hasilnya pada pukul 17.00 WIB.

"Kami akan rapat internal dan setelah diputuskan pada pukul 17.00 WIB," pungkasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//