Batasi Mobil Pribadi saat Mudik, Polri Terapkan Ganjil-Genap di Jalan Tol

Ilustrasi kemacetan

FAKTA.COM, Jakarta - Polisi akan menerapkan aturan ganjil-genap selama arus mudik-balik Lebaran 2024. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk membatasi mobilisasi kendaraan pribadi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pengawasan ganjil-genap akan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau kamera tilang elektronik.

Bagi masyarakat yang terkena tilang, surat konfirmasi akan disampaikan setelah libur Lebaran atau 16 April 2024.

“Karena hasil simulasi di ruas jalan tertentu Japek-Cipali ketika tidak diberlakukan ganjil genap VC Ratio masih sangat tinggi, jadi kita terapkan ganjil genap, penegakan hukumnya dengan E-TLE,” kata Aan.

Skema ganjil genap diberlakukan mulai Km 0 ruas Tol Dalam Kota Jakarta sampai Km 414 ruas Tol Semarang-Batang.

Untuk arus balik akan diberlakukan sebaliknya, yakni dari Km 414 ruas Tol Semarang-Batang sampai KM 0 ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

37 Provinsi Gelar Pilkada Serentak pada 27 November 2024

Aan mengatakan, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki titik rawan kepadatan arus lalu lintas saat mudik-balik Lebaran 2024.

“Jawa Barat ini menjadi yang luar biasa karena selain dilewati oleh pemudik dari Jabodetabek, Jawa Barat juga menjadi tujuan para pemudik dan masuk ranking 3 asal pemudik yang akan mudik nantinya,” kata Aan dalam keterangannya.

Guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat, Polri telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas hingga menurukan tim urai di titik rawan yang terdiri atas polisi wanita.

“Sudah menyiapkan cara bertindak yang akan dilakukan mulai contraflow, one way sampai nanti akan menerjunkan tim urai. Dari korlantas juga sudah mem-backup untuk kendaraan operasional," tandas Aan.

Sengketa Pilpres Masuk Fase Pembuktian

Aan mengambahkan, Jawa Barat akan menurunkan tim urai dari polisi wanita (Polwan) dengan harapan pemudik bisa lebih patuh lagi.

Lebih lanjut Aan mengatakan, Polda Jateng sudah siap menghadapi arus mudik-balik Lebaran dengan memetakan tempat rawan kemacetan dan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Kesiapan untuk Polda Jateng terutama arteri Pantura saat diberlakukan one way baik mudik maupun balik, memetakan tempat-tempat yang rawan kemacetan dan menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas mulai dari pengalihan, penutupan sampai one way,” ujar Kakorlantas.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//