Bahas RUU DKJ, Mendagri: Ingin Jakarta Seperti New York atau Sydney

Mendagri Tito Karnavian.

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pemerintah mendorong Jakarta menjadi salah satu kota besar di dunia seperti New York atau Sydney.

"Kita ingin juga agar kota Jakarta menjadi salah satu pusat utama di bidang perekonomian, jasa perbankan dan lain-lain. Intinya adalah kira-kira sama seperti New York-nya Amerika lah atau Sydney, Melbourne-nya Australia," kata Tito, Rabu (13/3/2024).

Mendagri menyampaikan pernyataan tersebut saat memberikan pandangan dari pemerintah atas Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) dalam rapat kerja bersama Badan Legislasi (Baleg) DPR.

Rapat digelar di ruang rapat Baleg, gedung Nusantara I MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Rapat dipimpin Ketua Baleg DPR Supratman dan dihadiri perwakilan Menkeu Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan DPD RI.

Mardani Sebut Penentuan Otoritas Kawasan Aglomerasi Bukan Kewenangan Jokowi

Tito mengatakan, pemerintah menyetujui RUU itu dilakukan pembahasan lebih lanjut di DPR.

"Pertama, pemerintah mengapresiasi setinggi-tingginya dan menyambut baik penyampaian hak inisiatif DPR RI yang mengusulkan RUU tentang Provinsi DKI Jakarta, terutama pengertian kami sampaikan kepada seluruh pimpinan DPR RI karena sudah diketok dalam paripurna yang lalu dan juga Baleg yang sangat proaktif dan juga DPD," ujar Tito.

Untuk itu, atas nama pemerintah, Tito menyetujui dilakukan pembahasan lebih lanjut secara bersama-sama atas usulan atau inisiatif RUU tentang DKJ dengan tetap memperhatikan keselarasan keseluruhan dengan peraturan perundang-undangan terkait.

Lebih lanjut Tito menekankan pemerintah mendorong terwujudnya Jakarta sebagai kota kelas internasional yang memiliki daya saing. Dia mendukung Jakarta menjadi kota pusat perekonomian.

"Yang kedua, komitmen bersama antara DPR RI, DPD RI, dan pemerintah guna mewujudkan visi bersama untuk membangun Jakarta menjadi kota kelas dunia kota global yang tidak hanya bersaing atau memiliki daya saing pada tingkat regional Asia Tenggara tapi juga setara dengan kota-kota maju lainnya di dunia," kata Tito.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//