7.206 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah

Jemaah haji Indonesia mulai berdatangan di Madinah, Arab Saudi. (Sumber: Kementerian Agama)

FAKTA.COM, Jakarta – Jemaah haji mulai berdatangan di Madinah, Arab Saudi. Tercatat pada hari pertama kedatangan, ada 7.206 jemaah haji Indonesia yang sudah tiba.

“Pada hari ini, Daerah Kerja (Daker) Madinah menyambut kedatangan 7.206 jemaah haji yang tergabung dalam 18 kloter,” kata Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi, di Madinah, dikutip dari laman Kementerian Agama, Senin (13/5/2024).

Fase kedatangan Jemaah haji di Madinah ditandai dengan kehadiran 393 jemaah kloter 1 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01). Jemaah asal Jakarta mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) pada Minggu (12/5/2024) pukul 07.57 waktu setempat.

Menag Bertolak ke Arab Saudi, Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji

Mereka disambut lantunan thala'al badru, bunga mawar, serta cenderamata yang berupa Alquran, sajadah, dan tasbih. Selain Ali, Dubes RI di Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI, Yusran Bahauddin Ambary, Kepala Daker Makkah Khalilurrahman, pihak masyarik, dan Tim Pengawas Haji ikut menyambut jemaah-jemaah yang sudah tiba.

Para Jemaah tinggal di Hotel Abraj Taba di Syamaliyah, sebelah utara Masjid Nabawi. Ali mengatakan selama di Madinah, mereka akan menginap di 106 hotel yang tersebar di tiga wilayah Markaziah.

“(Yaitu) Markaziyah Janubiyah (selatan Masjid Nabawi), Markaziyah Syamaliyah (utara), dan Markaziyah Ghorbiyah (barat),” kata dia.

Sekadar informasi, jemaah haji Indonesia berangkat ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024. Keberangkatan ini akan berlangsung hingga 24 Mei 2024. Kuota haji tahun ini sebanyak 241 ribu orang yang terdiri atas 213.320 jemaah haji regular dan 27.680 haji khusus.

Suhu di Saudi Bisa Capai 50 Derajat, Menag Imbau Jemaah Haji Jaga Kesehatan

Ali melanjutkan 90.255 jemaah haji regular akan tinggal di Madinah sebelum puncak haji. Sementara itu, 123.065 jemaah regular akan tinggal di Makkahh dulu. Setelah puncak haji, mereka baru berangkat bertahap ke Madinah.

Ali juga berpesan kepada para jemaah untuk tetap menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih, memakai masker, serta memakai sunscreen. Para jemaah juga diminta untuk mengurangi aktivitas fisik di luar hotel. Hal ini disebabkan oleh cuaca di Madinah berkisar 35-40 derajat Celsius.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//