Unik Banget, Sedotan Ini Terbuat dari Kulit Larva Lalat

Ilustrasi sedotan. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Banyak pihak berlomba-lomba membuat sedotan ramah lingkungan untuk mengurangi limbah plastik. Bahannya pun bermacam-macam.

Salah satunya adalah selongsong (exuviae) kulit larva lalat black soldier fly (BSF).

Dikutip dari laman Universitas Padjadjaran, Minggu (22/10/2023), lima mahasiswa Universitas Padjadjaran membuat sedotan unik itu, yaitu Rico Sulaeman, M. Ribhan Hadiyan, Fathan Fauzan, Regita Damayanti, dan R. Roro Zakiah. Kelimanya membuat sedotan berlabel “Exustraw”.

Sisa Makanan Jadi Penyumbang Sampah Terbanyak Selama 2022

Rico mengatakan, ada banyak sedotan ramah lingkungan yang memanfaatkan bahan pangan. Akan tetapi, belum ada yang menggunakan selongsong larva lalat.

Sedotan yang terbuat dari kulit larva lalat. (Dokumen Universitas Padjadjaran) Sedotan yang terbuat dari kulit larva lalat. (Dokumen Universitas Padjadjaran)


“Kami berinovasi menciptakan sedotan ramah lingkungan dari bahan yang belum banyak dimanfaatkan. Salah satunya adalah exuviae atau selongsong BSF,” kata dia.

Pembuatan sedotan ini melewati proses yang panjang, dari mencuci selongsong kulit larva, mengeringkan, hingga membentuk sedotan dari ekstrasi kitosan. Kitosan yang didapatkan dari proses ekstraksi, dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bioplastik dengan beberapa bahan pendukung.

Perusahaan Eropa Bantu Indonesia Kurangi Sampah Plastik Laut

Plastik yang terbentuk, digulung, dan dilapisi beeswax. Sedotan bisa terurai di tanah kurang dari tujuh hari.

“(Kami berharap ada) pengembangan lebih lanjut dari sedotan ini agar bisa menjadi pengganti sedotan plastik dan menambah value dari exuviae BSF,” tambah Regita.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//