Kualitas Air Buruk, Lomba Renang Olimpiade Paris di Sungai Seine Ditunda

Sungai Seine lokasi lomba renang Olimpiade Paris 2024. (Dok. Instagram Paris2024)

FAKTA.COM, Jakarta — Lomba renang Olimpiade Paris pertama di sungai Seine telah ditunda karena pengujian air sungai masih berlangsung.

Babak renang triatlon putra awalnya dijadwalkan berlangsung Selasa (30/7/2024) pagi waktu setempat, tetapi World Triathlon mengumumkan Selasa pagi bahwa acara tersebut telah ditunda hingga Rabu (31/7/2024).

Triatlon putri, yang telah dijadwalkan pada Rabu pagi, tetap akan berlangsung sesuai rencana, kata organisasi tersebut.

"Kedua triatlon tersebut akan menjalani uji air yang akan datang sesuai dengan ambang batas World Triathlon yang telah ditetapkan untuk renang," kata World Triathlon dalam sebuah pernyataan, dilansir di CBS News, Selasa (30/7/2024).

Organisasi itu mencatat bahwa mereka juga masih akan menyelenggarakan 2 Agustus sebagai hari darurat, jika air masih dianggap tidak aman pada hari Rabu.

Tingkat pencemaran air memaksa para pejabat untuk membatalkan sesi latihan triatlon yang dijadwalkan berlangsung di Sungai Seine pada hari Senin (29/7/2024). 

Tidak Sekadar Menang, Perenang Palestina Suarakan Perdamaian di Olimpiade Paris

Latihan ini adalah sesi kedua yang dibatalkan karena pencemaran air. Dengan hasil uji kualitas air yang masih tertunda, masih belum jelas apakah acara Olimpiade Paris 2024 pertama akan tetap berlangsung sesuai jadwal di sungai ikonik tersebut.

Pengujian independen menunjukkan tingkat E. coli di sungai telah meningkat secara signifikan setelah hujan lebat akhir pekan lalu.

Meskipun air telah menunjukkan perbaikan dalam beberapa jam menjelang dimulainya triatlon yang dijadwalkan semula, tingkat kualitas air masih belum dapat diterima di beberapa bagian lintasan, kata World Triathlon.

Inisiatif Data Terbuka Fluidion telah menguji air Sungai Seine secara berkala. Pengujian terbarunya, yang dilakukan pada hari Senin di dekat lokasi acara renang triatlon, menunjukkan konsentrasi E. coli antara 3,5. 

Seragam Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Dirilis, Desain Anak Prabowo

Konsentrasi tersebut sembilan kali lebih tinggi daripada tingkat yang ditetapkan oleh World Triathlon, badan pengelola olahraga tersebut.

Hujan deras selama akhir pekan, termasuk hampir sepanjang upacara pembukaan hari Jumat, mengakibatkan aliran air yang sangat besar ke dalam sistem sungai. Limpasan air tersebut dapat meningkatkan kadar E. coli dan plankton yang membuatnya tidak aman untuk berenang.

Ketinggian air Sungai Seine sudah jauh lebih tinggi dari biasanya untuk bulan Juli, sebagian besar karena hujan yang turun selama beberapa bulan terakhir. Paris mengalami curah hujan dua kali lipat dari biasanya pada bulan Juli ini. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//