Jokowi Ingin IKN Jadi Ibu Kota Paling `Hijau` di Dunia

Presiden Joko Widodo. (Dokumen BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong semua bangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan konsep green building. Dia ingin agar kawasan itu menjadi daerah yang paling ramah lingkungan.

Kasus COVID Naik, Jokowi Belum Berencana Terapkan Wajib Masker

“Saya tekankan kepada siapa pun yang membangun di IKN, gedungnya harus gedung hijau. Green building,” kata Jokowi dalam groundbreaking rumah sakit di IKN, Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, dikutip dari live streaming Sekretariat Presiden, Rabu (20/12/2023).

Dia ingin menjadikan kawasan IKN menjadi kawasan yang “hijau”. Untuk itu, pemerintah melakukan reboisasi. Misalnya, menanam kembali pohon-pohon endemik.

“Sekali lagi agar kawasan di IKN jadi kawasan yang sangat hijau di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota sehijau Nusantara ini,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan ada empat rumah sakit yang sedang dibangun di IKN. Keempat fasilitas kesehatan itu adalah rumah sakit umum pemerintah (RSUP), RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapada. Kemudian, ada juga tiga RS swasta yang sedang “antre”.

Jokowi: Ada 1.385 Koruptor dari 2004-2022

“Saya enggak tahu di IKN kok orang berbondong-bondong dirikan RS,” kata dia.

Nantinya, RSUP itu akan berkonsentrasi untuk penyakit strok dan jantung.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//