Hari Lingkungan Hidup Sedunia Diperingati Setiap 5 Juni, Begini Sejarahnya

Menanam pohon menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan lingkungan. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Bagaimana sejarahnya?

Dikutip dari NDTV, Rabu (5/6/2024), Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Deklarasi ini dilakukan dalam Konferensi Stockholm (konferensi dunia pertama yang bertema perlindungan lingkungan) pada 1972. Lalu, UN Environment Programme didirikan pada tahun yang sama.

Pendapatan Dunia Diperkirakan Turun 20 Persen Gara-gara Perubahan Iklim

Nah, Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali diperingati pada 5 Juni 1973. Saat itu, tema yang diambil adalah "Hanya Satu Bumi".

Bagaimana dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024?

Jika tidak ada tindakan segera untuk melindungi lingkungan, kekeringan bisa berdampak kepada 75%  populasi di dunia pada 2050. (Dokumen Pixabay) Jika tidak ada tindakan segera untuk melindungi lingkungan, kekeringan bisa berdampak kepada 75%  populasi di dunia pada 2050. (Dokumen Pixabay)


Tahun ini, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengambil tema restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan. Arab Saudi menjadi tuan rumah untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Isu Iklim di COP28, Negara Maju Harus Punya Keseriusan

Menurut UN Convention Combat Desertification, hingga 40% lahan bumi terdegradasi dan berdampak langsung kepada populasi di dunia. Jumlah dan durasi kekeringan naik 29% sejak 2000. PBB menyebut, jika tak ada tindakan cepat, kekeringan bisa berdampak kepada 3/4 populasi dunia pada 2050.

Restorasi lahan merupakan pilar utama dalam Dekade Restorasi Ekosistem PBB 2021-2030. Program itu merupakan seruan untuk perlindungan dan pemulihan ekosistem di seluruh dunia untuk mencapai Sustainability Development Goals (SDGs), dikutip dari laman UN Environment Programme.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//