Hadiri KTT COP28, Jokowi Dorong Kolaborasi Penanganan Perubahan Iklim

Presiden Joko Widodo (tengah) sebelum bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab. (Dokumen Humas Setkab/Rahmat)

FAKTA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab. Dia akan memaparkan pandangan Indonesia dan pentingnya kerja sama untuk mengatasi perubahan iklim.

Jokowi Ajak Masyarakat Tanam Pohon untuk Antisipasi Perubahan Iklim

“Saya akan menyampaikan pengalaman Indonesia dan mempertegas pentingnya kolaborasi global untuk pendanaan iklim serta pentingnya transisi yang inklusif untuk menjamin keberlanjutan pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berkembang,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dikutip dari Sekretariat Kabinet, Kamis (30/11/2023).

Jokowi mengatakan harapan dunia terhadap COP28 ini sangat besar agar ada aksi global yang nyata untuk membatasi kenaikan suhu di dunia.

“Komitmen nyata harus diperkuat khususnya komitmen negara-negara maju untuk pendanaan iklim, utamanya dalam rangka mencapai target net zero emission,” kata dia.

Sekadar informasi, dia bersama dengan delegasi terbatas berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Persatuan Emirat Arab. Mereka akan menghadiri World Climate Action Summit COP28.

Deretan Kerja Sama Indonesia-AS untuk Tangani Krisis Iklim

Mantan wali kota Solo ini juga diagendakan untuk menghadiri "Leaders’ Event: Transforming Food Systems in the Face of Climate Change", KTT G77 dan China, serta beberapa pertemuan bilateral.

“Saya dan rombongan Insyaallah akan kembali ke Jakarta tanggal 3 Desember, Minggu pagi,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//