4 Fakta Mengerikan Sampah Plastik, No. 4 Bikin Bergidik

Sampah plastik seperti botol plastik dan tas kresek, sering ditemui di laut. (Sumber: Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta - Sampah plastik erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa fakta mengerikan tentang sampah plastik?

Plastik merupakan benda yang bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Harganya yang murah dan mudah didapatkan membuat penggunaan barang ini menjadi masif.

Mengutip Earth.org, Senin (27/5/2024), penanganan yang buruk terhadap sampah plastik menjadikan limbah ini sebagai salah satu masalah terbesar bagi kehidupan. Fakta menyeramkan sampah plastik, di antaranya, adalah lebih dari 91% sampah plastik yang pernah dibuat, ternyata tidak didaur ulang secara global. Sebagian besar limbah ini berakhir begitu saja di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), bahkan di laut.

Selain itu, apa saja, ya, fakta-fakta mengerikan sampah plastik? Berikut ini penjelasannya.

1. Dunia memproduksi 400 juta ton plastik setiap tahun.

Keren, Mahasiswa Ini Olah Sampah Plastik Jadi Oli

Plastik diproduksi secara komersial pada 1907 dan secara masif pada 1952. Sejak itulah, produksi tahunan meroket hingga 200 kali lipat.

Penggunaan plastik yang sembrono membuat dunia menghasilkan 400 juta ton sampah plastik setiap tahun. Enam puluh persen di antaranya berakhir di alam dan tempat pembuangan sampah (TPS).

2. Lebih dari 8 juta ton plastik dibuang ke laut setiap tahun.

Tak sedikit sampah plastik yang dibuang ke laut. Setidaknya ada 8 juta ton plastik yang dibuang ke perairan laut. Diperkirakan 40% permukaan perairan itu tertutup sampah ini. Kalau perilaku dan konsumsi plastik masih serupa, para ilmuwan memperkirakan jumlah plastik di laut akan lebih banyak daripada ikan pada 2030.

Menurut laporan pada tahun 2020, polusi plastik diperkirakan akan mencapai 29 juta metrik ton pada 2040. Ini terjadi jika tidak ada langkah-langkah yang diambil untuk menguranginya.

Perusahaan Eropa Bantu Indonesia Kurangi Sampah Plastik Laut

3. Ratusan ribu hewan mati karena sampah plastik.

Sampah plastik menjadi momok bagi makhluk laut. Limbah seperti botol plastik dan masker wajah masuk ke laut setiap tahun. Ditambah lagi perlengkapan menangkap ikan milik nelayan yang hanyut atau sengaja dibuang ke laut.

Akibatnya, ada 100 ribu hewan laut yang mati karena sampah. Limbah plastik membuat ikan mati kelaparan atau sesak napas karena terjerat.

4. Manusia menelan 5 gram plastik setiap minggu.

Tidak sedikit hewan laut tak sengaja menelan plastik atau mikroplastik (sampah plastik yang terurai menjadi partikel kecil yang tak terlihat mata). Jika benda ini "naik" ke rantai makanan, bukan tidak mungkin manusia mengkonsumsi plastik.

Menurut infografik Reuters pada 2019, manusia menelan 5 gram plastik setiap minggu. Jika digabungkan selama setahun, manusia mengkonsumsi sepiring plastik. Lalu, dalam 10 tahun ke depan, jumlah plastik yang dikonsumsi diperkirakan mencapai 5 pon. Diperkirakan juga ada 44 pon plastik yang dikonsumsi manusia seumur hidupnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//