150 Orang Dievakuasi Akibat Banjir Bandang di Braga

Warga dievakuasi dari lokasi banjir. (Dokumen Istimewa)

FAKTA.COM, Jakarta – Banjir bandang melanda Braga, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (11/1/2024). Ratusan orang dievakuasi dari lokasi banjir.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah, mengatakan tim Badan Penanggulan Bencana Daerah Jawa Barat dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung bersiaga serta mengevakuasi dan melakukan asesmen kedaruratan bencana.

Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek selama Seminggu, Waspada Banjir

Ika mengatakan, berdasarkan laporan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, banjir terjadi pada 16.30.

“Pengaruh intensitas hujan tinggi dan mengakibatkan tanggul Sungai Cikapundung jebol,” kata Ika di Kota Bandung, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (12/1/2024).

Hingga pukul 22.00, ada 600 rumah warga yang terdampak banjir bandang. Ratusan rumah yang terdampak, meliputi empat RW di Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. Tim pun mengevakuasi 150 orang dari area yang terdampak banjir.

“Tiga di antaranya dalam kondisi sakit,” kata dia.

Warga yang dievakuasi, kata Ika, dibawa ke tempt yang aman di kawasan Braga, seperti gedung TK dan sekitar Hotel Gino Feruci.

Bencana Banjir, 230 Warga di Nunukan Masih Mengungsi

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Diskar PB Kota Bandung, lanjut Ika, mengimbau warga untuk tidak mendekati lokasi banjir bandang dan mengungsi dari tempat tinggal ke tempat aman. Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, durasi cukup lama, dan debit air meningkat, kata dia, itu berpotensi mengakibatkan banjir susulan.

“Hingga kini pendataan masih dilakukan terkait kerusakan dan apakah ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang tersebut,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//