Viral Burger Belalang di Arab Saudi, Ternyata Harganya Segini

Belalang halal enggak sih?

FAKTA.COM, Jakarta – Burger belalang kini menjadi makanan yang viral di Arab Saudi. Kuliner itu dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Satu porsi cemilan ini dijual seharga 7,5 riyal (Rp31.768).

Dikutip dari Gulf News, Kamis (25/1/2024), burger belalang ini isinya roti, bawang bombay, dan topping lain sesuai selera pembeli. Yang enggak kalah penting adalah belalang goreng.

Sushi Terkecil di Dunia, Cuma Pakai 1 Butir Nasi

Sekadar informasi, hidangan belalang populer di Arab Saudi, seperti Madinah dan Qassim. Malah, makanan ini viral di media sosial. Para penggemar belalang kerap berbagai pengalaman berburu.

Sekadar informasi, belalang menjadi makanan yang viral di media. Para pecinta belalang sering berbagai pengalaman berburu, membeli satu tas berisi 100 ekor belalang—harganya 50 riyal (Rp211.792), atau mengolahnya menjadi beragam masakan.

Biasanya belalang direbus, lalu ditumis dengan bawang bombay dan minyak. Akan tetapi, ada yang mengolahnya menjadi makanan lain seperti burger.

Dorong Konsumsi Belalang Lokal

Salah seorang influencer asal Saudi, Iyad Al Hamoud, mendorong warganet untuk mengkonsumsi makanan belalang Saudi. Al Hamoud mengatakan harganya lebih murah daripada belalang Swiss yang dibumbui dengan ramuan alpine. Dia menyebut harga cemilan itu dibanderol senilai 172 riyal (Rp727.573).

Kopi Ini Punya Kandungan Kafein Tertinggi di Dunia

Kemudian, content creator lainnya bernama Meshal al Gharib, mengatakan belalang yang dipanen tidak mengandung pestisida.

Viralnya makanan belalang membuat warganet “terbelah”. Ada yang memandang itu merupakan tradisi leluhur dengan referensi dari berbagai ulama bahwa Nabi Muhammad SAW juga memakan belalang. Tapi, ada pula yang mengasosiasikan dengan kemiskinan.

Muncul pertanyaan, belalang halal enggak ya?

Ternyata, Halal Dikonsumsi dan Proteinnya Mendekati Salmon

Dikutip dari laman halalmui.org, Rasulullah SAW bersabda bahwa ada dua jenis bangkai yang dihalalkan, yaitu ikan dan belalang.

4 Makanan Indonesia yang Mirip dengan Sashimi

“Dihalalkan bagi kami dua bangkai dan dua darah. Adapun dua bangkai yang dihalalkan ialah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah yang dihalalkan ialah hati dan limpa.” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, Ad-Daru Quthni dan At-Tirmidzi).

Kemudian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa MUI No. Kep-13/MUI/ IV/Tahun 2000 tentang Makan dan Budidaya Cacing dan Jangkrik. Fatwa ini memasukkan belalang boleh dikonsumsi (mubah/halal) sepanjang tidak menimbulkan kerugian.

Mengutip Klikdokter, belalang memiliki kandungan 40% protein, 40% lemak, 10%-15% lemak, dan 5% karbohidrat. Dalam 100 gram penyajian, belalang goreng memiliki 14 gram protein. Kandungan gizi ini mendekati ikan salmon yang punya 20 gram protein.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//