Susu UHT Harus Disimpan di Kulkas atau Boleh di Suhu Ruang?

Seorang pembeli marah-marah karena susu UHT harus dingin. (Dokumen: Freepik/ilustrasi)

FAKTA.COM, Jakarta - Belakangan ini viral di media sosial tentang seorang pembeli yang memarahi kasir karena susu UHT yang dibeli tidak dingin. Dia juga meminta uang pembelian susu dikembalikan.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari platform X, Rabu (10/7/2024), menurut video yang bereda di media sosial, terlihat seorang ibu memarahi kasir sambil memegang susu rasa coklat yang dibeli. Jika diperhatikan, minuman ini berkemasan 1 liter. 

Ibu itu berkata pernah membeli susu UHT dengan kemasan kecil, tapi dingin. Sementara susu UHT yang berkemasan besar yang dibeli, justru tidak dingin. Makanya, dia ingin uang pembayaran susu dikembalikan. Pembeli itu juga menegaskan bahwa susu cair harus dingin. 

Mengapa Minum Susu Jadi Tradisi untuk Menyambut 1 Muharram?

"Susu itu harus dingin," ujar dia.

Terkait video ini, muncul pertanyaan, apakah susu UHT harus disimpan di suhu ruang atau boleh di suhu ruang?

Susu UHT Disimpan di Kulkas atau Boleh di Suhu Ruang, ya?

Dikutip dari US Dairy dan Dairy Australia, susu UHT alias ultra high temperature (UHT) merupakan susu cair yang sudah mengalami proses pasteurisasi dengan suhu yang lebih tinggi. Susu UHT dipanaskan pada suhu 138 derajat Celsius dalam 2 detik.

Nah, proses ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang berbahaya dan bisa merusak kandungan susu. Proses pasteurisasi juga bisa memperpanjang masa simpan minuman itu.

Viral Es Kopi Susu Pedas di China, Pakai Topping Cabai

Susu UHT dikemas yang sudah disterilkan untuk menjaga kesegaran minuman.

Lalu, bagaimana sebaiknya menyimpan susu UHT cair? Karena sudah melalui pemanasan dengan suhu tinggi, susu ini bisa disimpan di suhu ruang hingga 9 bulan asalkan belum dibuka. 

Beda cerita kalau kemasan sudah dibuka. Susu UHT yang sudah dibuka harus didinginkan di kulkas dan sebaiknya dihabiskan dalam jangka waktu tujuh hari.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//