Bawang Goreng Jadi Bumbu Terbaik Kedua di Dunia

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
18 Desember 2023 14:45 WIB
Kamu suka bawang goreng? (Dokumen Wikipedia)

FAKTA.COM, Jakarta – TasteAtlas menobatkan bawang goreng menjadi bumbu (condiment) terbaik kedua di dunia.

Dikutip dari laman TasteAtlas, Senin (18/12/2023), dalam daftar Top 53 Condiments in the World, bawang goreng berada di bawah cuka balsamik tradisional Modena (aceto balsamico tradizionale di Modena) dari Italia.

TasteAtlas menyebutkan bawang goreng merupakan bahan penyedap tradisional dari Indonesia. Bahan ini dibuat dari irisan bawang merah yang digoreng dengan minyak sehingga menjadi kuning keemasan dan renyah. Bawang goreng pun terasa pahit dan gurih.

5 Makanan Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental

“Sekali dibuat, bahan penyedap ini disimpan dalam toples yang tertutup rapat untuk penggunaan selanjutnya,” tulis laman tersebut.

Bawang goreng digunakan untuk beraneka ragam hidangan, seperti satai ayam, bakso, semur, hingga sup buntut.

“Bawang goreng bisa dibeli di supermarket dan toserba Indonesia,” tulis laman itu.

Kecap Manis Juga Masuk Daftar Bumbu Terbaik Dunia

Di samping itu, kecap manis pun daftar dalam 53 bumbu terbaik dunia dan menduduki peringkat ke-30. Disebutkan bahwa kecap manis merupakan bumbu tradisional Indonesia yang sering digunakan untuk memasak. Kecap ini memiliki bau yang khas dan manis gula palem.

4 Makanan Indonesia yang Mirip dengan Sashimi

“Warnanya lebih gelap daripada kecap biasa, tekstur kental dan manis, serta rasa manisnya ada sedikit molase, karamel, dan butterscotch,” tulis TasteAtlas.

Kecap manis ini juga diperkaya dengan rempah-rempah lainnya, seperti cengkeh, ketumbar, kayu manis, adas bintang, dan lada hitam. Penyedap makanan ini sering digunakan untuk nasi goreng, ketoprak, hingga semur.

“Bisa juga dipakai untuk saus celup. Pada masa kolonialisme Belanda, kecap manis juga populer di Belanda,” tulis TasteAtlas.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//