6 Minuman Sehat dan Segar yang Cocok untuk Buka Puasa

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
13 Maret 2024 12:10 WIB
Tak hanya segar, enam minuman ini juga menyehatkan tubuh, lho. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Minuman sehat dan segar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Selain bisa menghidrasi, kandungan nutrisi dalam minuman ini bermanfaat baik bagi tubuh. Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2024), berikut ini adalah enam jenis minuman sehat dan segar untuk buka puasa.

Deretan Takjil Buka Puasa Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

1. Air Putih

Air putih. (Sumber: Pixabay) Air putih. (Sumber: Pixabay)


Air putih menjadi minuman yang paling direkomendasikan untuk buka puasa. Sebaiknya mengkonsumsi 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas pada malam hingga menjelang sahur, dan 2 gelas ketika sahur. Air putih punya banyak manfaat, seperti menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan menjaga kesehatan ginjal.

2. Air Kelapa

Air kelapa juga bagus untuk dijadikan minuman buka puasa. (Dokumen Pexels) Air kelapa juga bagus untuk dijadikan minuman buka puasa. (Dokumen Pexels)


Minuman selanjutnya adalah air kelapa. Selain membuat tubuh kembali terhidrasi, air kelapa juga mengandung sejumlah elektrolit yang diperlukan tubuh, seperti natrium, fosfor, dan magnesium.

Elektrolit-elektrolit ini bermanfaat bagi tubuh, seperti menjaga kerja jantung dan sistem saraf.

3. Jus Buah

Jus buah juga menjadi pilihan yang cocok untuk diminum saat berbuka. (Sumber: Pexels) Jus buah juga menjadi pilihan yang cocok untuk diminum saat berbuka. (Sumber: Pexels)

Pilihan selanjutnya adalah jus buah. Sebaiknya membuat jus dari buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan blewah. Selain mengembalikan cairan, kandungan mineral, serat, dan vitamin buah-buah ini juga bermanfaat bagi tubuh.

4. Smoothies

Selain sehat, smoothies ini seger banget, apalagi kalau diminum pas dingin. (Sumber: Pexels) Selain sehat, smoothies ini seger banget, apalagi kalau diminum pas dingin. (Sumber: Pexels)


Smoothies juga bisa menjadi pilihan minuman untuk berbuka. Cara membuatnya mirip dengan jus buah. Bedanya, kita menambahkan yoghurt ketika membuat minuman ini.

Yoghurt pada smoothies bisa menjaga kesehatan pencernaan. Selain sehat, minuman ini juga segar, apalagi kalau dikonsumsi dalam kondisi dingin saat berbuka puasa.

Daftar Makanan Sehat dan Bergizi untuk Sahur dan Buka Puasa

5. Infused Water

Infused water juga enggak kalah nyegerin, lho! (Sumber: Freepik) Infused water juga enggak kalah nyegerin, lho! (Sumber: Freepik)


Kamu bisa membuat infused water di rumah. Caranya dengan mencampur air putih dengan buah (misalnya stroberi dan lemon). Kamu juga bisa membuat infused water dari air dengan campuran rempah seperti mint dan kayu manis.

Minuman ini membantu tubuh terhidrasi, menurunkan berat badan, serta membuang racun dalam tubuh.

6. Susu

Kamu juga bisa berbuka puasa dengan susu. (Sumber: Pixabay) Kamu juga bisa berbuka puasa dengan susu. (Sumber: Pixabay)


Minuman sehat dan segar untuk buka puasa yang kelima adalah susu. Susu mengandung protein yang bisa membuat perut kenyang.

Minuman ini bisa menghindarkan kamu dari risiko berat badan naik akibat banyak makan ketika buka puasa, lho!

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//