5 Makanan Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental

Oleh Fakta.com - fakta.com
13 Juni 2023 08:09 WIB
Secangkir Kopi (Mulitifacetedgirl/Pixabay)

Kita jarang berpikir jika makanan bisa berdampak pada kesehatan mental. Kita lebih khawatir jika makanan akan berdampak pada masalah kesehatan seperti gangguan kardiovaskular atau gastrointestinal, tapi apakah kau tahu ragam makanan dan minuman bisa mendampak pada kecemasan yang berlebih bahkan menyebabkan depresi?

Faktanya, tidak sedikit para terapis dan psikiater yang mengabdikan karir mereka memberikan masukan bagi mereka untuk mendapatkan kesehatan mental terkait makanan-minuman, yang bersifat menghindari atau dikonsumsi pada level moderat, untuk kesehatan mental.

Menjadi penting untuk diketahui jika makan dan minuman yang dikonsumsi secara tidak berlebihan akan berdampak pada kesehatan mental yang baik. Perlu diingat, apapun itu, konsumsi secukupnya adalah kunci.

Kopi atau Espresso

Bagi beberapa orang, terlalu banyak kafein bisa berdampak buruk pada kecemasan. "Jika seseorang memiliki tingkat stress yang tinggi, perlu diketahui kelebihan kafein akan meningkatkan respons kostirol dan menyebabkan kegagalan adrenal, sebuah resep mujarab yang membuat anda lebih stress dan burnout," kata psikolog klinis berlisensi Dr. Brittney Jones, dikutip Huffington Post.

Riset menyarankan mengonsumsi lebih dari 250 miligram kafein perhari akan menimbulkan efek negatif pada kecemasan, sehingga Dr. Brittney menyarakan untuk mengkonsumsi kopi di bawah batas tersebut. Mengganti kafein menjadi matcha akan jadi alternatif lain setelah banyak memberikan banyak manfaat untuk lebih santai.

Diet Soda

Jika kalian memberikan perhatian lebih atas kesehatan mental kalian di musim panas ini, makan kalian akan menurunkan konsumsi soda pada level minimum. "Semua orang suka diet soda yang dingin di hari yang panas, tapi kesehatan anda tentu lebih penting," kata Dr. Jacques Jospite Jr., seorang psikiatri dan co-founder SohoMD.

"Kita tahu gula yang banyak dari sekaleng diet soda. Kebanyakan darinya mengandung phenilalan, atau zat kimia yang bisa membuat zat kimia di otak menjadi berantakan dengan menghentikan produksi dopamin serta serotonin, dua molekul yang dibutuhkan untuk mendapatkan mood yang baik. Selain itu ada pemanis buatan yang meningkatkan hormon stres kortisol."

Alkohol

Minum alkohol satu atau dua sloki mungkin tidak akan berdampak buruk, namun sebaiknya hindari itu sebisa mungkin. Founder Live Better Therapy Solutions Danielle Tucci mengatakan alkohol adalah salah satu pemicu depresan dan akan membawa kalian pada mood yang buruk.

"Pada periode kalian mulai sadar dari mabuk, maka pada saat ini hormon kortisol meningkat drastis. Hal itu berdampak sangat buruk pada mood seseorang."

Makanan Proses Instan

Aura De Los Santos, seorang edu-psikolog klinis mengatakan saat ia mengkonsumsi makanan instan, dalam hal ini seperti tepung panekuk dari surpemarket, secara cepat ia terserang kecemasan.

"Satu makanan yang mampu meningkatkan tingkat stress adalah box tepung panekuk dari supermarket," katanya.

Menurutnya saat ia menyantap sarapan panekuk, meski aia menikmatinya namun lambat lain hal itu menimbulkan kecemasan berlebih, terlebih saat ia mencoba panekuk untuk sarapan dua hari berturut-turut. 

Permen (dan pemanis makanan secara umum)

Jason Phillips seorang pekerja sosial klinis berlisensi mengatakan jika dirinya tidak akan lagi mau mengkonsumsi permen. "Saya tidak akan makan permen. Seperti permen-permen saat Halloween, yang sangat manis itu akan membuat tubuh kita inflamasi dan hal itu berdampak pada depresi.

Sebuah studi di 2015 yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition mengatakan makanan manis berdampak besar pada depresi.

Jason mengatakan, sebaiknya makanan manis berasal dari gula alami seperti dari buah-buahan yang memang sangat berbeda dari jenis gula yang terkandung dalam permen. Sebuah studi mengatakan, orang-orang yang ngemil buah lebih sedikit terkena gejala depresi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//