Berkat Laba Jumbo, Sepasang Bank BUMN Kompak Pecahkan Rekor Saham

Oleh Andry Winanto - fakta.com
13 Februari 2024 05:10 WIB
Foto: Dok. Bank Indonesia

FAKTA.COM, Jakarta - Dua entitas perbankan milik pemerintah, PT Bank Mandiri Tbk. dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) disebutkan berhasil mencetak harga saham tertinggi, masing-masing Rp7.200 dan Rp5.975 per saham dalam perdagangan, Senin (12/2/2024).

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan angka itu merupakan level tertinggi bagi Bank Mandiri yang berkode emiten BMRI dan juga BRI dengan sandi BBRI.

“Berkat capaian ini, saham BMRI maupun BBRI pun menjadi sasaran empuk investor asing maupun lokal,” ujar dia.

Ada Pasar Senggol di Pemilu 2024 KBRI Canberra

Tiko, sapaan akrab Kartika, menyebut torehan apik tersebut tidak lepas dari kinerja moncer tahun lalu. Diketahui jika dua bank pelat merah itu sukses membukukan laba bersih sebesar Rp115,5 triliun.

“Itu baru laba. Kalau aset keduanya dijumlah nilai totalnya mencapai lebih dari Rp4.139 triliun. Bank Mandiri saja, asetnya tembus Rp 2.174,2 triliun  dan Bank BRI asetnya menyentuh Rp1.965 triliun di tahun 2023 lalu,” tutur dia.

Menurut Tiko, BMRI dan BBRI kini telah masuk dalam top 10 bank terbesar se-Asia. Kontribusi duo bank pemerintah juga terlihat dari setoran dividen ke negara sebesar Rp36,07 triliun. 

Domestik Masih Menjanjikan, Ekonomi Bisa Tumbuh 5,2 Persen Tahun Ini

“Banyak banget ya? Kalau ditotal semua BUMN, jumlah dividen yang disumbang ke negara bahkan mencapai Rp 81,2 triliun tahun lalu,” kata dia.

Tiko menambahkan, dari berbagai tantangan yang ada di awal 2024 kondisi ekonomi Indonesia masih memiliki potensi yang besar. 

“Kami bangga dan optimistis, Bank Mandiri dan BRI mampu tumbuh dan memberi kontribusi yang positif untuk Indonesia,” tutup dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//