Tak Harus Putih dan Bening, Begini Ciri-ciri Kulit Sehat

Ilustrasi kulit sehat. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Kulit sehat tidak harus putih dan bening. Ada beberapa ciri yang menunjukkan kulit itu sehat atau tidak.

“Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau ke kanan, harus putih, bening... Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit yang sehat,” ujar dokter sekaligus health influencer, Farhan Zubedi, di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (10/6/2024).

Indikator kulit yang sehat, kata Farhan, adalah permukaan yang tak kusam, kulit terhindrasi, tekstrusnya yang kenyal, serta sebum yang terkontrol dengan baik. Indikator selanjutnya adalah tanda penuaan kulit berupa kerutan area dahi atau pipi. Kulit yang sehat, lanjut dia, akan terlihat cerah dan teksturnya bagus.

Tips Makeup Douyin, Tren Riasan yang Ngehits di Medsos

Farhan mengatakan pigmentasi kulit tidak untuk melihat kulit sehat. “Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin tinggi,” kata dia.

Melanin, kata dia, berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan polusi. “Makanya, kalau kita kena sinar matahari, kita tan, kita hitaman. Itu sebenarnya adalah reaksi tubuh melindungi kita karena melanin yang meningkat,” kata Farhan.

Cara Membersihkan Makeup yang Benar

Ilustrasi membersihkan makeup. (Dokumen Freepik) Ilustrasi membersihkan makeup. (Dokumen Freepik)


Selain ciri kulit yang sehat, Farhan juga memberikan tips membersihkan muka agar kesehatan kulit wajah terjaga. Dia menyarankan untuk tidak memakai kembali kapas yang dipakai untuk menghapus makeup.

“Jadi, kalau bisa satu kapas untuk sekali usap. Jadi, ganti dengan sisi lainnya,” kata Farhan.

“Tapi, kalau bisa jangan lewati dengan bagian yang sama,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//