Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Daun Singkong Punya Segudang Manfaat

Kamu biasanya mengolah daun singkong jadi sayur apa, guys? (Foto: Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Daun singkong, yang sering kali dianggap sebagai makanan sederhana. Namun, siapa sangka bahwa daun singkong punya manfaat yang luar biasa.

Selain menjadi bagian dari hidangan tradisional di berbagai wilayah, daun singkong kaya akan nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

Dikutip dari Organic Shoppe, Minggu (1/9/2024), berikut beberapa kandungan yang ada di dalam daun singkong.

Kandungan Protein Tinggi

Mayoritas Orang Indonesia Enggak Doyan Sayur, Kok Bisa?

Daun singkong mengandung sekitar 3,7gram protein per 100gram yang dimasak, menjadikannya sumber protein yang baik, terutama di antara sayuran berdaun hijau.

Kandungan proteinnya setara dengan telur dan kacang kedelai, serta mengandung asam amino esensial seperti lisin, isoleusin, leusin, valin, dan arginin.

Kandungan Karbohidrat

Kandungan karbohidrat pada daun singkong hampir setara dengan kacang buncis dan kacang kedelai, memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Rendah Kalori

Dengan hanya sekitar 37 kalori per 100 gram, daun ini sangat baik untuk program diet. Selain itu, daun singkong hampir bebas lemak, menjadikannya pilihan yang sehat.

Daun singkong punya banyak manfaat bagi tubuh, khususnya bagi kamu yang sedang diet. (Foto: Wikimedia) Daun singkong punya banyak manfaat bagi tubuh, khususnya bagi kamu yang sedang diet. (Foto: Wikimedia)

Kaya Serat

Daun singkong mengandung serat yang tinggi, setara dengan kacang-kacangan dan lentil. Serat ini membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, mendorong pertumbuhan bakteri probiotik, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah sembelit.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Masyarakat Indonesia Kurang Makan Sayur dan Buah, Kenapa ya?

Daun singkong kaya akan vitamin dan mineral penting. Mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang kuat, vitamin B untuk metabolisme dan kesejahteraan mental, serta beta karoten untuk melindungi tubuh dari kanker.

Sayur itu juga mengandung kalium, fosfor, kalsium, zat besi, tembaga, seng, magnesium, dan mangan, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Satu hal penting yang harus diingat, daun dan akar singkong mengandung asam hidrosianida yang beracun jika dikonsumsi mentah.

Namun, asam ini akan hilang setelah dimasak setidaknya selama 10 menit, sehingga daun singkong aman untuk dikonsumsi setelah proses pemasakan yang tepat.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya, daun singkong bukan hanya sekadar bahan masakan, tetapi juga sumber nutrisi yang dapat mendukung kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara tepat.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//