Risiko Kesehatan di Balik Pemasangan Eyelash Extension

Ternyata, ada risiko kesehatan di balik eyelash extension. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Sambung bulu mata atau eyelash extension tengah digemari oleh anak muda. Tentu saja tujuannya untuk mendapatkan bulu mata yang tebal, lentik, dan panjang.

Tapi, tahukah kamu kalau risiko kesehatan dari eyelash extension?

Dikutip dari Science Alert, Senin (22/7/2024), bulu mata palsu biasanya terbuat dari serat alami, seperti sutra. Bulu mata juga terbuat dari serat sintesis seperti nilon atau plastik.

Mengenal Henti Jantung Mendadak, Kondisi Kesehatan yang Diidap Zhang Zhi Jie

Bulu mata palsu ini direkatkan dengan lem. Perekatan bulu mata palsu ini bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Misalnya, bisa membuat peradangan di mata. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 60% wanita melaporkan keratokonjungtivitis atau peradangan pada kornea dan konjungtiva setelah menempelkan perekat bulu mata pada mata mereka.

Kemudian, ada penyambungan bulu mata ini juga berpotensi menimbulkan alergi. Pada penelitian itu, disebutkan bahwa 40% wanita mengalami reaksi alergi terhadap lem bulu mata.

Dalam beberapa kasus, ada yang menggunakan lem buku sebagai perekat bulu mata palsu. Ini membuat kelopak mata pengguna saling menempel.

Bahaya kesehatan pada penggunaan lem bulu mata adalah kandungan pengawetnya bisa menyebabkan konjungtivitis dan erosi konjungtiva. 

AI Kini Bisa Prediksi Risiko Orang Kena Kanker Paru

Kemudian, bisa juga terjadi komplikasi dari ekstensi bulu mata adalah blepharitis, yaitu radang atau iritasi kelopak mata. Kondisi ini bisa terjadi jika bakteri menumpuk di sekitar mata.

Penumpukan bakteri dan lem bisa menyumbat sekresi folikel sehingga rawan terkena bintitan. Jika kebersihan salon buruk, kamu bisa terserang tungau bulu mata.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//