Menkes Budi Gunadi Sebut Zhang Zhi Jie Bisa Selamat Jika Ditolong dengan Cepat

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Dokumen Dokumen Setkab/Agus)

FAKTA.COM, Jakarta – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyoroti kasus kematian pebulu tangkis asal China, Zhang Zhi Jie. Budi berkata nyawa sang atlet bisa selamat jika mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

Hal ini dikatakan dia ketika sedang menggelar rapat kerja Komisi IX bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Budi berkata jika sang atlet bisa ditangani di bawah 4,5 jam, dia bisa selamat.

“Kalau orang kena serangan jantung seperti yang main badminton kayak kemarin, itu kalau bisa di-tackle dengan cepat, di bawah 4,5 jam dia survive,” kata Budi di Jakarta, dikutip dari YouTube TVR Parlemen, Kamis (4/7/2024).

Pebulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Saat Tanding di BAJC 2024

Sekadar informasi, Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah pingsan di lapangan ketika pertandingan BNI Badminton Asia Junior Championship 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada Minggu (30/6/2024), dikutip dari Antara. Menurut kesimpulan pemeriksaan dan penanganan korban di RSPAU dr. Hardjolukito dan RSUP Dr. Sardjito, sang atlet mengalami henti jantung mendadak.

Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampikan rasa duka cita yang mendalam atas kematian sang atlet muda.

“Kami tentu yang pertama ikut menyampaikan rasa duka cita yang mendalam, baik dari panitia penyelenggara, dari PBSI juga dari pimpinan Badminton Asia atas berpulangnya pemain yang mungkin bisa jadi jadi calon pemain hebat di masa mendatang,” kata Humas dan Media Panpel PBSI, Broto Happy, di Yogyakarta.

“Memang harus lebih cepat lagi bila terjadi kejadian darurat, mungkin aturan itu bisa dikalahkan lah karena demi semuanya, demi keselamatan atlet dan juga untuk kebaikan bagi seluruh pemain yang bertanding,” kata dia, dikutip dari Antara.

Mengenal Henti Jantung Mendadak, Kondisi Kesehatan yang Diidap Zhang Zhi Jie

Tim medis dan dokter turnamen, kata Broto, baru diizinkan masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan pertama kepada Zhang Zhi Jie, setelah mendapatkan izin dari referee. Setelah memberikan pertolongan, dokter turnamen memutuskan untuk melarikan Zhang Zhi Kie ke rumah sakit rujukan RSPAU dr. S. Hardjolukito yang berjarak 4,7 km dari lokasi.

Broto mengatakan aturan tertulis SOP yang menyatakan tim medis tak bisa masuk ke lapangan sebelum ada call dari referee harus dikaji ulang.

“PBSI akan membawa kasus ini ke BWF demi kebaikan dan keselamatan atlet pada masa datang,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//