Mengenal Ricezempic, Tren TikTok untuk Menurunkan Berat Badan

Ricempic merupakan minuman dari rendaman beras yang diklaim bisa turunkan berat badan. (Foto: Freepik/Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Buat kamu yang sering berselancar di media sosial seperti TikTok,  tentu pernah mendengar tentang beragam hack penurunan berat badan. Salah satu tren terbaru adalah minuman ricezempic.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (6/8/2024), menurut pakar diet praktis dan dosen di University Southern Cross, Emily Burch dan profesor kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di University Queensland, Lauren Ball, ricezempic merupakan minuman dari air rendaman beras.

Mengenal Pola Makan Clean Eating, Metode Diet yang Dijalani Prilly Latuconsina

Minuman ini dibuat dari beras yang direndam dengan air hangat atau air panas selama semalam. Beras disaring, lalu dibuang. Air rendamannya diminum dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

Para pendukung ricezempic mengatakan minuman ini membuat perut kenyang lebih lama, menekan nafsu makan. Efeknya dinilai mirip dengan obat Ozempic—obat diabetes tipe 2 yang berfungsi untuk mengatur glukosa.

Kandungan pati resisten beras berperan untuk menurunkan berat badan. Pati resisten merupakan jenis serat makanan yang dikenal dengan prebiotik. Meskipun tidak ada bukti kuat pati resisten bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama, konsumsi serat ini telah terbukti memiliki manfaat kesehatan.

Sebagai contoh, pati resisten bisa membantu mengatur gula darah, mendukung penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan usus.

Ricempic dibuat dari beras yang direndam dengan air panas atau air hangat. (Foto: Freepik) Ricempic dibuat dari beras yang direndam dengan air panas atau air hangat. (Foto: Freepik)


Pati resisten ditemukan di berbagai makanan, termasuk kacang-kacangan, lentil, biji-bijian, pisang, kentang, serta biji chia dan biji rami.

Akan tetapi, setengah cangkir beras hanya mengandung sekitar 0,6 gram pati resisten. Kemungkinan jumlah pati resisten yang larut ke dalam air beras jauh lebih kecil.

Rizempic vs Ozempic

Ozempic merupakan obat yang dikembangkan untuk membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darah. Namun, obat itu ramai digunakan untuk menurunkan berat badan.

Obat tersebut bekerja dengan meniru hormon GLP-1 yang dproduksi tubuh secara alami. Fungsi hormon tersebut adalah memperlambat proses pencernaan dan membantu orang merasa kenyang lebih lama.

Perusahaan di China Beri Bonus bagi Karyawan yang Berhasil Diet

Kandungan pati resisten pada ricezempic mungkin memberikan manfaat serupa dengan obat itu dalam mengurangi rasa lapar. Akan tetapi, belum ada penelitian ilmiah yang menguji efektivitas ricezempic secara khusus.

Ozempic tetap aktif dalam tubuh selama sekitar tujuh hari, sedangkan satu cangkir nasi hanya memberikan rasa kenyang selama beberapa jam. Minum air rendaman beras tidak memberikan efek kenyang yang sama seperti makan nasi.

Meskipun banyak orang melapor manfaat ricezempic di media sosial, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung efektivitas minuman untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan, penting untuk menerapkan kebiasaan makan sehat dan olahraga secara teratur.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//