Mengenal Penyakit Asam Urat, Penyakit yang Bisa Serang Anak Muda

Asam urat sering terjadi di persendian, termasuk pergelangan tangan. (Foto: Freepik/Lifestylememory)

FAKTA.COM, Jakarta – Penyakit asam urat tidak hanya menyerang orang tua, tetapi juga anak muda. Apa itu asam urat?

Dikutip dari Cleveland Clinic, Rabu (7/8/2024), asam urat merupakan radang sendi yang bisa menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama di area jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, dan siku. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat di tubuh.

Jangan Dianggap Remeh, Begini Gejala dan Bahaya Penyakit Polio

Secara alami, tubuh memproduksi asam urat saat memecah zat kimia yang disebut purin. Purin ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu.

Pada kondisi normal, ginjal menyaring asam urat dari darah untuk dikeluarkan melalui urin.

Namun, terkadang tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak dapat menyaringnya dengan baik. Ini membuat kadar asam urat dalam tubuh menjadi terlalu tinggi (hiperurisemia).

Penumpukan kristal asam urat yang tajam dalam persendian dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan gejala lainnya yang muncul secara tiba-tiba.

Daging merah tergolong makanan yang tinggi purin. (Foto: Pixabay) Daging merah tergolong makanan yang tinggi purin. (Foto: Pixabay)


Asam urat bisa menyerang siapa pun, termasuk anak muda. Anak muda yang punya gaya hidup tak sehat berisiko terkena penyakit asam urat. Seperti, pola makan yang tidak sehat dan kurang aktivitas fisik. Konsumsi minuman manis dan alkohol bisa meningkatkan risiko asam urat.

Ada beberapa makanan dan minuman yang tinggi purin yang bisa meningkatkan risiko penyakit asam urat. Sebagai contoh minuman manis, permen, alkohol, jerohan, makanan laut seperti kerang dan remis, serta daging merah.

Rekomendasi Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung
Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat tak bisa diobati secara tuntas, tetapi bisa dicegah. Cara mencegah penyakit asam urat adalah membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi purin.

Selain itu, penting juga untuk minum banyak air putih. Konsumsi air putih ini bisa membantu fungsi ginjal dan menghindari dehidrasi.

Olahraga yang teratur juga bisa membantu mengurangi stres pada persendian dan menurunkan risiko obesitas serta kondisi kesehatan lain yang meningkatkan risiko terkena asam urat.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//