Mengenal Pengobatan Laser, Salah Satu Metode Perawatan Kulit

Pengobatan laser sering digunakan di dunia medis, termasuk dermatologi dan estetika kulit. (Dokumen Freepilk/prostooleh)

FAKTA.COM, Jakarta – Kita sering mendengar istilah “pengobatan laser” dalam medis, terutama dermatologi dan estetika kulit. Apa itu pengobatan laser?

Dokter Spesialis Dermatologi, Venereologi, dan Estetika, dr. Adi Satriyo, Sp. DVE dari RS Persahabatan, mengatakan laser merupakan kepanjangan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Pengobatan ini merupakan salah satu terobosan dalam teknologi kedokteran.

“Sebenarnya di semua bidang kesehatan, tidak hanya kulit. Untuk kesehatan mata, bedah, itu juga sering dipakai,” kata Adi dalam dalam talkshow "Laser untuk Pemasalahan Kulit" secara live di Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, Senin (29/7/2024).

Tak Harus Putih dan Bening, Begini Ciri-ciri Kulit Sehat

Metode pengobatan ini menggunakan energi cahaya. Adi mengatakan tubuh manusia memiliki sel-sel speifik yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang tertentu, seperti sel darah merah, sel rambut, dan sel pigmen. Energi cahaya akan diserap oleh sel-sel itu dan menimbulkan reaksi.

Pengobatan laser digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, kata dia, seperti pigmen dan kelenjar minyak berlebihan. Meskipun demikian, tidak semua penyakit kulit bisa ditangani dengan laser.

Adi mencontohkan penyakit-penyakit kulit yang bisa diobati dengan perawatan laser adalah bekas jerawat, strech mark dan menghilangkan bulu rambut yang berlebihan. Kemudian, ada juga penyakit-penyakit infeksi seperti kutil dan jamur.

“Jadi, tidak semua. Hanya beberapa penyakit yang bisa dibantu dengan laser,” kata dia.

Pria di China Meninggal Dunia Usai Cabut Gigi

Adi meminta masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan untuk menjalani pengobatan laser. Hal ini bertujuan agar dokter bisa mendiagnosis dan menentukan jenis perawatan laser yang akan diberikan.

Dikatakan jenis laser yang digunakan untuk pengobatan berbeda-beda bergantung jenis penyakit. Sebagai contoh, laser vaskular digunakan untuk mengobati keluhan di pembuluh darah, seperti jerawat dan strech mark.

“Untuk keluhan kulit lain, misal masalah flek, pigmen, atau tato, itu lasernya berbeda. Jadi, diagnosisnya harus betul,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//