Ini Bahaya Makan Daging Kucing yang Perlu Kamu Tahu

Pria di Semarang menjadi viral karena nekat makan daging kucing. (Foto: Freepik/Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Seorang pria di Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, menjadi viral setelah nekat makan daging kucing. Perilaku ini menimbulkan pertanyaan, bahaya enggak, sih, makan daging kucing?

Geger Pria di Semarang Makan Daging Kucing untuk Obat Diabetes

Dikutip dari laman Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Jumat (9/8/2024), pakar kesehatan UM Surabaya sekaligus dosen teknologi laboratorium medis, Vella Rohmayani, berkata konsumsi daging kucing merupakan hal yang tak lazim. 

Di samping itu, konsumsi daging kucing juga berisiko bagi kesehatan, yaitu bisa menularkan penyakit dari hewan ke manusia.

“Berisiko menularkan penyakit zoonosis atau penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia,” kata Vella.

Apa bahaya makan daging kucing? (Foto: Freepik) Apa bahaya makan daging kucing? (Foto: Freepik)


Dia menjelaskan kucing adalah hewan yang berperan sebagai hospes penular berbagai penyakit berbahaya dari bakteri dan parasit, baik endoparasite maupun ekstoparasit.

Dijelaskan bahwa kesehatan kucing sangat bergantung kepada habitat dan pola perawatan. Ditambah lagi, kucing bukan hewan yang bisa dimanfaatkan dagingnya.

“Mengkonsumsi daging kucing, terlebih daging kucing luar, akan menyebabkan risiko kesehatan yang cukup serius bagi manusia,” kata dia.

Bahaya Makan Daging Kucing
Pria Pemakan Daging Kucing Jadi Tersangka, Ini Dia Sosoknya

Lalu, apa saja bahaya makan daging kucing?

Menurut Vella, makan daging kucing bisa menyebabkan risiko penyakit toxoplasmosis yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Orang tersebut bisa juga terkena infeksi kecacingan, terpapar racun atau zat kimia berbahaya, serta risiko kesehatan lainnya.

“Oleh sebab itu mengkonsumsi daging kucing sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan sanksi sosial, serta dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan yang berbahaya bagi manusia,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//