Cara Atasi Sakit Punggung dengan Metode 3x3

Bagaimana cara melakukan metode 3x3 untuk atasi sakit punggung? (foto: Freepik/Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Meskipun sering dianggap sebagai masalah orang dewasa, sakit punggung juga bisa menimpa mereka yang lebih muda, atau yang kita kenal dengan ‘remaja jompo’. Sakit punggung bisa terjadi karena postur tubuh yang buruk, aktivitas fisik yang kurang, dan kebiasaan sehari-hari yang tak sehat.

Dikutip dari Naver, Sabtu (17/8/2024), terapis okupasi independent, Julie Jennings, mengatakan ada metode 3x3 yang bisa mengurangi sakit punggung. Yaitu, melakukan tiga kali peregangan sederhana selama tiga menit beberapa kali sehari.

Menurut Jennings, peregangan mencegah otot punggung menjadi kaku, meningkatkan kelenturan tubuh. Kalau dilakukan dengan rutin, ini bisa mengurangi kemungkinan nyeri punggung kronis atau memperburuk kondisi yang sudah ada. Agar tidak memperburuk rasa sakit, dia mengingatkan untuk menghindari olahraga yang berat.

Sering Sakit Kepala, Ternyata Ada Cacing Pita Bersarang di Otak Pria Ini'
Cara Atasi Sakit Punggung dengan Metode 3x3

Jennings menyarankan ada tiga peregangan sederhana yang bisa dilakukan.

1. Gerakan Memutar Tubuh

Peregangan ini membantu melatih otot inti dan meningkatkan sirkulasi darah. Duduk tegak tanpa bersandar pada kursi, angkat mata, tekuk siku, dan silangkan tangan di depan dada.

Buang napas sambil menjaga punggung tetap lurus, putar perlahan tubuh ke satu sisi, lalu kembali ke tengah dan ulangi di sisi lainnya.

2. Peregangan Dada

Metode ini membantu meredakan nyeri atau ketegangan pada tubuh bagian atas serta memperbaiki postur tubuh. Duduk tegak menjauhi sandaran kursi, lalu putar bahu membentuk lingkaran.

Kemudian, rentangkan tangan ke samping sehingga membentuk T, dan dorong sedikit dada ke depan. Tahan selama 15 detik, ulangi lima kali.

Alasan Kita Tidak Boleh Menahan Bersin

3. Push Up

Kalau merasa sesak di punggung bagian bawah, leher, atau dada, peregangan ini dapat membantu meredakan gejalanya. Duduk di tepi kursi, luruskan punggung, dan letakkan kedua kaki rata di lantai.

Letakkan kedua tangan di pinggul, lengkungkan punggung ke dalam dan dorong ke luar, bersandar ke belakang hanya dengan tubuh bagian atas. Tahan selama 10 hingga 20 detik.

Dengan rutinitas ini, kamu bisa mengurangi ketidaknyamanan di punggung dan menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk rutin melakukan peregangan agar manfaatnya lebih terasa.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//