6 Fakta Seputar Obesitas, Apa Saja?

Seseorang mengukur lingkar perut. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Hari Obesitas Sedunia diperingati setiap 4 Maret untuk mengimbau masyarakat terhadap bahaya obesitas.

Sekadar informasi, obesitas merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan timbunan lemak berlebihan yang bisa menganggu kesehatan.

Berbicara tentang obesitas, berikut ini adalah sederet fakta seputar obesitas, dikutip dari laman World Health Organization (WHO), Senin (4/3/2024).

6 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh Menjelang Ramadan

Pertama, 1 dari 8 orang mengalami obesitas pada 2022. Pada tahun itu, ada 890 juta orang dewasa dan 160 juta anak berusia 5 tahun-19 tahun mengidap obesitas.

Kedua, prevalensi kelebihan berat badan (termasuk obesitas) di kalangan orang berusia 5 tahun-19 tahun naik dari 8% pada 1990 menjadi 20% pada 2022.

Fakta seputar obesitas yang ketiga adalah penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti psikososial, varian genetik, dan lingkungan.

Keempat, obesitas bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Masalah kesehatan ini juga bisa mempengaruhi kesehatan tulang dan reproduksi serta meningkatkan risiko kanker tertentu.

WHO Prediksi Kasus Kanker di Dunia Meroket 77 Persen pada 2050

Kelima, kelebihan berat badan obesitas bisa dilakukan melalui berat badan dan tinggi badan seseorang serta mengukur indeks massa tubuh. Kamu bisa mengetahui indeks massa tubuh dengan membagi berat dengan tinggi badan.

Keenam, WHO memperkirakan kerugian global akibat berat badan berlebih dan obesitas mencapai US$3 triliun pada 2030 dan US$18 triliun pada 2060.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//