5 Tips Puasa Aman bagi Penderita Maag Selama Ramadan 2024

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
05 Maret 2024 17:43 WIB
Bagaimana tips puasa aman bagi penderita maag? (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Penderita maag memang sulit untuk tidak melewatkan makan. Lalu, adakah tips puasa aman bagi penderita maag?

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan dan Khaleej Times, Selasa (5/3/2024), pengidap maag diizinkan untuk berpuasa dengan hati-hati agar ibadah puasa tidak terganggu dengan kondisi kesehatan itu. Berikut ini ada lima tips puasa aman bagi penderita maag.

1. Tidak Makan Berlebihan

Tips puasa aman bagi penderita maag yang pertama adalah tidak makan secara berlebihan. Makan berlebihan bisa menekan lambung sehingga asam lambung naik. Di samping itu, enzim pencernaan juga terbatas sehingga perut butuh waktu yang lama untuk mencerna makanan. Lagipula, perut akan terasa tidak nyaman atau sakit jika terlalu kenyang.

2. Hindari Makanan yang Berminyak dan Pedas

5 Tips Puasa Aman bagi Penderita Diabetes

Biasanya orang-orang berbuka puasa dengan gorengan. Gorengan pun tidak lengkap jika tidak dimakan bersama cabai.

Bagi penderita maag, sebaiknya menghindari makanan berminyak dan pedas, ya! Lemak yang tak sehat bisa memicu peningkatan asam lambung. Selain itu, lemak ini juga sulit dicerna.

Selain makanan pedas dan berminyak, penderita maag juga sebaiknya menghindari soda, kafein, makanan cepat saji, hidangan kaya rempah, serta makanan ringan olahan dan keju.

3. Makan Pelan-pelan

Tips puasa aman bagi penderita maag ketiga adalah makan pelan-pelan. Makan yang terburu-buru akan membuat banyak udara masuk ke saluran pencernaan. Ini akan memicu mulas atau kembung.

4. Memilih Makanan yang Tepat

Penderita maag sebaiknya memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi, baik untuk sahur maupun buka puasa. Hal ini bertujuan untuk menekan risiko maag.

Lafal Niat Qadha Puasa Ramadan dan Artinya

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menghindarkan kita dari penyakit lambung, seperti maag dan GERD. Contohnya, makanan yang mengandung alkali dan bersifat basa, seperti kacang-kacangan, melon, dan pisang.

Makanan berserat tinggi pun bisa menjadi pilihan agar membuat perut merasa kenyang, seperti sayuran hijau, oatmeal, dan umbi-umbian.

5. Tidak Langsung Tidur setelah Makan

Tips puasa aman bagi penderita maag yang kelima adalah menghindari tidur setelah makan. Biasanya orang akan mengantuk setelah makan, baik sahur maupun buka puasa. Sebaiknya, hindari tidur setelah makan karena bisa memicu sakit maag.

Kalau sudah benar-benar mengantuk, kamu bisa tidur dengan posisi setengah duduk. Posisi kepala dan bahu lebih tinggi daripada perut. Tumpukan bantal pun bisa digunakan untuk menopang kepala dan bahu. Tujuannya agar makanan tidak kembali ke kerongkongan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//