5 Gerakan Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Olahraga seperti yoga bisa kamu lakukan sebelum tidur. (Foto: Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Bagi mereka yang kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari, rutinitas olahraga sebelum tidur bisa menjadi solusi.

Dikutip dari Health Line, Rabu (28/8/2024), sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine pada Februari 2019 mengungkapkan, olahraga sebelum tidur tidak berdampak negatif pada kualitas tidur, kecuali jika dilakukan dalam intensitas tinggi kurang dari satu jam sebelum tidur.

Biar Makin Teratur, Yuk Atur Jadwal Tidur

Dalam kebanyakan kasus, olahraga ringan justru dapat membantu tubuh lebih rileks dan mempersiapkan diri untuk tidur. Untuk menambah manfaat dari rutinitas malam hari, beberapa jenis olahraga ringan dapat menjadi pilihan yang ideal.

Berikut lima gerakan yang direkomendasikan untuk dilakukan sebelum tidur:

  • Plank: latihan seluruh tubuh ini membantu menguatkan inti tubuh kamu. Dengan fokus pada pernapasan, kamu juga bisa merasakan manfaatnya.
  • Glute Bridge:  gerakan ini menargetkan otot inti dan bokong, memperkuat bagian belakang tubuh secara perlahan dan terkendali.
  • Bird-Dog: latihan ini menantang stabilitas dan kekuatan inti tubuh kamu. Kuncinya adalah menjaga kestabilan punggung saat melakukan gerakan.
  • Child’s Pose: peregangan ini baik untuk melepaskan ketegangan di punggung bawah dan pinggul, terutama jika kamu duduk sepanjang hari.
  • Figure-4 Stretch: gerakan ini membantu meregangkan pinggul, bokong, dan punggung bawah, memberikan kenyamanan sebelum tidur.
Oh, Begini Caranya Ikan Tidur!

Dengan melakukan tiga set untuk setiap latihan dan mengakhiri dengan peregangan, rutinitas ini dapat membantu tubuh lebih rileks dan siap untuk tidur malam yang nyenyak.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//