4 Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
06 Maret 2024 21:44 WIB
Kalian biasanya makan sahur jam berapa, guys? (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Sahur adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan sebelum fajar menyingsing pada Ramadan. Sahur juga merupakan suatu perbuatan yang disunnahkan dalam Islam.

Di samping dianjurkan oleh agama, sahur punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Daftar Makanan Sehat dan Bergizi untuk Sahur dan Buka Puasa

Mengutip NU Online, Rabu (6/3/2024), Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk melakukan sahur sebelum berpuasa. Nabi Muhammad SAW bersabda ada keberkahan dalam makan sahur.


Artinya: Diriwayatkan dari Anas ra, Rasulullah SAW bersabda: Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu mengandung keberkahan (HR Syaikhani).

Dalam ajaran Islam, umat Muslim dianjurkan untuk makan sahur menjelang Imsak. Hal ini bertujuan agar orang bisa menunggu waktu subuh setelah sahur dengan beribadah, misalnya salat sunnah dan membaca Alquran.

Bagaimana dari sisi kesehatan? Ternyata, sahur juga punya keutamaan dari sisi ini. Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat sahur sebelum puasa.

1. Memberikan energi bagi tubuh ketika berpuasa.

Manfaat sahur bagi kesehatan yang pertama adalah memberikan energi bagi tubuh ketika puasa. Kita dianjurkan untuk makan karbohidrat kompleks, seperti kentang, oatmeal, dan nasi merah. Karbohidrat kompleks ini akan memberikan rasa kenyang lebih lama selama berpuasa.

2. Mencegah dehidrasi.

5 Tips Puasa Aman bagi Penderita Maag Selama Ramadan 2024

Minum air dan makan makanan yang mengandung air, seperti buah-buahan dan sayur bisa membantu kita untuk mencegah dehidrasi selama puasa.

3. Menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat sahur bagi kesehatan yang ketiga adalah menjaga pencernaan. Makanan berserat yang kita makan saat sahur bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serta bisa menekan peluang sembelit. Ditambah lagi, serat bisa mempercepat waktu makanan singgah di usus. Contoh makanan berserat adalah sayur-mayur, biji-bijian, dan buah-buahan.

4. Menjaga konsentrasi dan fokus serta menjaga gula darah.

Makanan berprotein yang dikonsumsi saat sahur, bisa membantu kita untuk menambah konsentrasi dan fokus. Protein bisa menekan rasa lapar dan menjaga gula darah tetap stabil.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//