Sudah di Tangan Jokowi, Calon DK OJK Segera FIt and Proper di DPR

Presiden Jokowi menerima Pansel Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK. (BPMI Setpres/Rusman)

FAKTA.COM, Jakarta - Jumlah calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin mengerucut. Terbaru, panitia seleksi telah menetapkan enam calon yang lolos seleksi tahap IV (afirmasi/wawancara).

Mengutip keterangan Ketua Panitia Seleksi yang juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, enam nama tersebut antara lain, Agusman, Adi Budiarso, Budi Santoso, Hasan Fawzi, Erwin Haryono, dan Mardianto Eddiwan Danusaputro. Enam nama itu pun sudah diserahkan langsung ke Presiden Joko Widodo pada Selasa (30/5/2023).

Menurut Sri Mulyani, dari enam nama, nantinya Presiden akan memilih empat nama yang kemudian diserahkan ke DPR untuk menjalan fit and proper test. Selanjutnya, hanya ada dua yang akan menjabat sebagai dewan komisioner OJK dengan target pelantikan pada 11 Agustus 2023. 

Dua orang itu masing-masing akan mengisi jabatan:

1. Kepala eksekutif (KE) pengawas lembaga pembiayaan perusahaan modal ventura, lembaga keuangan mikro, dan lembaga jasa keuangan lainnya merangkap anggota DK OJK, dan
2. Kepala eksekutif (KE) pengawas inovasi teknologi sektor keuangan, aset keuangan digital dan aset kripto sekaligus merangkap anggota DK OJK.

Sebagai tambahan informasi, proses seleksi dewan komisioner OJK telah berlangsung sejak 29 Maret 2023. Saat itu, kata Sri Mulyani, ada 1.345 orang yang mendaftar dan hanya 118 orang yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti serangkaian seleksi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//