Sri Mulyani Pastikan Keberlanjutan Stimulus Fiskal di 2024

Menkeu, Sri Mulyani. (Dokumen Kemenkeu)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan menyatakan pemerintah memastikan pemberian stimulus fiskal bagi dunia usaha tetap berlanjut pada 2024 mendatang. Demikian yang disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada tengah pekan ini.

“Kalau stimulus yang sudah dirancang yaitu untuk berbagai kegiatan-kegiatan yang sifatnya adalah apa meningkatkan nilai tambah seperti tax allowance, tax holiday, itu tetap, kriterianya sama,” ujar dia.

Sri Mulyani menyampaikan, pada tahun ini terdapat 18 sektor yang dapat memanfaatkan program insentif. Disebutkan jika sektor-sektor tersebut merupakan yang dianggap perlu untuk dibantu pengembangannya.

Sri Mulyani Pastikan Keberlanjutan Stimulus Fiskal di 2024

“Jadi kalau dia termasuk dalam 18 termasuk sektor digital, hilirisasi, kemudian berbagai kegiatan kegiatan yang dianggap memiliki nilai tambah dan dia pionir atau di daerah yang dianggap perlu untuk dikembangkan, kita tetap akan memberikan. Juga berbagai program-program insentif investasi yang sudah disepakati dengan Kementerian Investasi/BKPM,” kata dia menambahkan.

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah juga tetap mendukung stimulasi di sektor konstruksi perumahan. Kata dia, melanjutkan program di periode 2023, stimulus perpajakan dengan PPN Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk rumah seharga dibawah Rp2 miliar sebesar 100% hingga Juni 2024.

Kemenkeu Perluas Keterlibatan Publik dalam Proses Perumusan Fiskal

Sementara untuk bulan Juli hingga Desember 2024, insentif PPN DTP sebesar 50%.

“Kemudian kalau untuk mobil listrik, itu juga sudah kita sampaikan waktu itu berbagai insentif perpajakan dalam rangka untuk meningkatkan demand maupun dari sisi respon supplynya untuk investasi. Jadi tidak ada yang berubah dari sisi itu,” ucap Menkeu Sri Mulyani.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//