Penyaluran Bansos Beras Masih Ada hingga Desember 2023

Presiden Jokowi memberikan bantuan pangan kepada KPM, di Kompleks Pergudangan Sunter Timur II, Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023) siang. (Dokumen Humas Setkab/Agung).

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menetapkan untuk memberikan tambahan bantuan beras kepada kelompok masyarakat miskin dan rentan. Rencananya, bantuan ini akan berlangsung pada Desember 2023.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi anggaran yang telah disiapkan untuk bantuan sosial (bansos) ini sebesar Rp2,67 triliun.

“Ini adalah penebalan bansos beras yang sebelumnya sudah ada dan akan diberikan sampai dengan November 2023,” ujarnya kepada wartawan saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Harga Beras 'Begajulan', Inflasi Pangan RI Paling Tinggi se-G20?

Menkeu menjelaskan, pemerintah menetapkan sebanyak 21,3 juta penerima untuk program anyar ini. Nantinya, para penerima tersebut merupakan masyarakat yang sudah terdaftar dalam Program Kelurga Harapan (PKH) dan juga Program Kartu Sembako.

“Kami akan memberikan 10 Kg beras kepada masing-masing penerima manfaat,” tuturnya.

Adapun, institusi yang ditunjuk sebagai penyelenggara utama di lapangan adalah Badan Pangan Nasional atau Bapanas. Menkeu menambahkan, penebalan bansos beras hingga akhir tahun merupakan inisiatif strategis dalam memitigasi dampak El Nino, menjaga daya masyarakat miskin dan rentan.

Satgas Pangan Polri Antisipasi Beras Medium Dikemas Premium

“Ini adalah bagian dari fungsi APBN untuk meredam tekanan atau shock absorber dari guncangan yang hadir,” tegasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//