Penuhi Kebutuhan Ramadan, BI Siapkan Uang Tunai Rp197,6 Triliun

Ilustrasi. (Dokumen Bank Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah berkomitmen menyediakan uang tunai jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada sepanjang Ramadan tahun ini.

Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono mengatakan bank sentral menyiagakan Rp197,6 triliun dalam bentuk cash jelang bulan suci yang tinggal dua pekan lagi. 

“Ini adalah langkah front loading untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat,” ujar dia kepada awak media di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Bank Indonesia Pertahankan BI Rate 6,00 Persen

Doni menjelaskan, jumlah uang tunai tahun tersebut meningkat 4,65% secara tahunan atau year on year (yoy).

“Tahun lalu jumlah uang tunai yang disiapkan sekitar Rp189 triliun,” tutur dia. Artinya, uang tunai tahun ini naik 4,55%.

Menurut Doni, ketersediaan likuiditas dalam bentuk fisik dipastikan bakal mencukupi aspek permintaan (demand). Pasalnya, Bank Indonesia sudah mempertimbangkan sejumlah indikator penting, seperti pertumbuhan ekonomi.

Utang Bank Indonesia Melejit Jadi Rp209,43 T, Ada Apa?

“Selain itu juga sudah dihitung dari kebutuhan transaksi digital. Jadi tunai dan nontunainya sudah dipertimbangkan sehingga kami memutuskan untuk menaikan (kesiapan uang tunai di Ramadan tahun ini) sekitar 4,56%,” kata dia.

Mengutip data yang dilansir bank sentral, diketahui bahwa jumlah Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Januari 2024 meningkat 9,21% (yoy) menjadi Rp1.015,68 triliun.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//