Korporasi Kian Ekspansif, Permintaan Kredit Meningkat

Ilustrasi. (Dokumen Kementerian Perindustrian)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melansir pembiayaan korporasi pada September 2023 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 16,1%, meningkat dibandingkan SBT Agustus 2023 yang sebesar 14,7%.

“Sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri dan pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik,” ujarnya dalam keterangan resmi Selasa (17/10/2023).

10.000 Nasabah Lulus Restrukturisasi Kredit, OJK: Bank Makin Tangguh

Menurut Erwin, penyaluran kredit baru oleh perbankan pada September 2023 juga terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Disebutkan bahwa SBT penyaluran kredit baru pada September 2023 tercatat sebesar 92,6%, tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 86,2%. 

“Faktor utama yang mempengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain,” tuturnya.

Sementara untuk keseluruhan triwulan III 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

Pertumbuhan Kredit Perbankan Kembali Dekati Level Psikologis Dua Digit

Lebih lanjut Erwin menyebut jika di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada September 2023. Sementara itu dalam waktu 3 hingga 6 bulan ke depan, pemenuhan pembiayaan yang berasal dari bank umum diperkirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya. 

“Selain perbankan, sumber pembiayaan lain yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing,” tutup dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//