Keyakinan Konsumen Tergerus, BI Pastikan Masih di Zona Optimis

Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada periode September 2023 berada di level 121,7. Angka ini tercatat turun 3,5 poin dari posisi sebelumnya di Agustus 2023 yang sebesar 125,2.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan bahwa tergerusnya level IKK tidak berdampak signifikan. Pasalnya, keyakinan konsumen masih tetap di zona optimis karena menempati angka di atas 100.

“Survei Konsumen Bank Indonesia pada September 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Senin (9/10/2023).

Optimalkan Ekonomi Syariah, Ini 4 Langkah Strategis Bank Indonesia

Erwin menjelaskan, tetap kuatnya keyakinan konsumen pada September 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis. 

“IKE tetap terjaga didukung oleh optimisme pada semua komponen pembentuknya,” tutur dia.

Erwin menyebut indikasi positif tersebut bisa dilihat dari Indeks Penghasilan saat ini. 

“Sementara itu, IEK tetap kuat terutama ditopang oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan,” tegasnya.

Bank Indonesia Lebih Kalem Tetapkan Tingkat Bunga Acuan

Secara terperinci, Bank Indonesia dalam laporannya menyebut pada September 2023 keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran meskipun terjadi penurunan optimisme terutama pada responden dengan pengeluaran Rp2,1 juta sampai dengan Rp3 juta. 

Berdasarkan usia, keyakinan konsumen pada September 2023 juga terpantau optimis pada seluruh kategori usia responden. Secara spasial, sebagian besar kota mencatat penurunan IKK, terdalam di Kota Pangkal Pinang, diikuti Surabaya dan Banten . 

Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat peningkatan IKK, terbesar di Kota Medan, Padang, dan Banjarmasin.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//