Dorong Governansi, OJK Telah Rilis Empat Roadmap IJK

Ketua DK OJK, Mahendra Siregar. (Dokumen OJK)

FAKTA.COM, Jakarta - Penguatan tata kelola atau governansi sangat penting bagi sektor finansial dalam era digitalisasi. Komitmen ini akan mendorong keberlanjutan bisnis industri jasa keuangan (IJK) ke depan.

Seperti diutarakan Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar dalam sebuah seminar di Jakarta, Kamis (30/11/2023). “Untuk itu para pelaku sektor jasa keuangan harus memiliki pemahaman yang jelas tentang governance and risk,” ujarnya

Untuk memperkuat komitmen itu, Mahendra menjelaskan, sepanjang tahun ini OJK telah meluncurkan empat peta jalan (roadmap) bagi industri jasa keuangan. Dia menyampaikan seluruh roadmap itu memiliki keterkaitan satu sama lain.

“Benang merahnya adalah tiga kata kunci yang kemudian ingin menuju kepada satu objektif yaitu governance, integritas, dan etik menuju sustainability,” kata Mahendra.

Ungkap Multifikasi Risiko Keuangan Digital, Bos OJK Singgung Binance

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Audit OJK, Sophia Wattimena mengungkapkan transformasi digital telah membuka peluang besar sekaligus tantangan tersendiri.

“Oleh sebab itu, setiap lembaga keuangan dalam menjalankan transformasi digital harus menjalankan risk and governance dengan teliti," ucap Sophia.

Jadi, kata Sophia, diharapkan dengan adanya governance di awal, kemudian konsep-konsep etika, moral, dan integritas sudah diperhitungkan di awal, maka hal-hal yang kurang diharapkan dapat diminimalisir kedepannya.

Wanti-wanti Independensi Badan Supervisi OJK

Sophia memastikan akan terus membangun sinergi dan keterikatan di industri jasa keuangan melalui berbagai persiapan penerapan manajemen anti penyuapan, peningkatan kualitas dan transparansi laporan keuangan SJK.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//