Cari Info Ekonomi Dunia, Sri Mulyani ‘Blusukan’ Sampai ke Brasil

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Dok. Kemenkeu)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diketahui telah tiba di San Paulo, Brasil untuk mengikuti pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (Finance Minister and Central Bank Governors/FMCBG).

“Setelah menempuh perjalanan panjang selama 26 jam, saya memilih jalan-jalan sejenak di taman Ibirapuera untuk mengatasi jet lag. Taman yang luas dan ikonik - seperti taman di Gelora Bung Karno, Jakarta,” katanya melalui akun Instagram @smindrawati pada Rabu (28/2/2024).

Menkeu mengungkapkan, taman ini akan menjadi saksi penting dari rangkaian pertemuan G20 dalam presidensi Brasil 2024.

“Brasil ternyata memiliki beberapa kemiripan dengan Indonesia. Mulai dari perekonomiannya yang pulih kuat setelah krisis pandemi COVID-19, pertumbuhan ekonominya masih positif, juga tren tingkat pengangguran yang cenderung menurun. Saat ini Brasil masuk dalam 10 ekonomi terbesar dunia,” ujarnya.

Secara khusus, Menkeu menjelaskan jika dirinya mempunyai misi penting yang mewakili pemerintah Indonesia.

“Tentu akan dibahas mengenai perkembangan ekonomi dan keuangan global yang sangat dinamis. Selain itu pasti akan ada downside risk atau risiko yang membayangi (perekonomian dunia),” tutur dia.

Adapun, pertemuan sendiri akan mulai berlangsung pada besok pagi selama beberapa hari ke depan. 

Sebagai informasi, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia pada 2024 stagnan di angka 3,1%, sama seperti laju pertumbuhan 2023. Sementara itu World Bank memprediksikan pertumbuhan sebesar 2,4% tahun ini atau lebih rendah dari tahun lalu yang sebesar 2,6%.

“Terus ikuti rangkaian agenda saya selama di Sao Paulo. Akan saya ceritakan apa saja yang akan saya bahas dalam pertemuan FMCBG pertama ini,” tutup Menkeu Sri Mulyani.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//