BLT El Nino Bakal Cair, Data Penerima Belum Final

Mensos Tri Rismaharini saat rapat kerja di DPR. (Dokumen Kemensos)

FAKTA.COM, Jakarta - Rencana pemerintah untuk membagikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino mulai bulan ini, terhambat data penerima. Pasalnya, jumlah yang disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati yakni 18,8 juta orang masih perlu difinalisasi.

Seperti yang disampaikan Menteri Sosial, Tri Rismaharini usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (7/11/2023). "Untuk clear data, kami akan komunikasi dengan Kemenkeu dulu untuk jumlah penerimanya," kata Risma.

Kabar Baik, Pemerintah Siapkan BLT El Nino Rp200.000 per Bulan

Risma mengungkapkan, data awal yang diterima Kemensos yakni 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Nilainya Rp200.000 per bulan untuk November-Desember 2023.

Soal finalisasi data penerima BLT El Nino, Risma menambahkan, hal tersebut karena anggaran tambahan belum masuk ke Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemensos. Sebagai informasi, anggaran BLT EL Nino ini sebesar Rp7,52 triliun.

Siap-siap Menampung Bansos

Sebelumnya diberitakan, Menkeu Sri Mulyani mengatakan, 18,8 juta KPM yang menerima BLT El Nino adalah yang terdaftar sebagai penerima Program Kartu Sembako. Pemerintah telah menunjuk Kemensos sebagai institusi pelaksana di lapangan dengan berkoordinasi bersama pihak terkait.

"Ini juga merupakan respon kebijakan untuk mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global, perlambatan ekonomi China, dan dampak El Nino. Untuk itu, pemerintah berkomitmen untuk melindungi daya beli masyarakat serta stabilitas ekonomi," tegasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//