Warga Aceh Tolak Pengungsi Rohingya, Menko PMK: Saya Belum Lihat Ada yang Serius

Pengungsi Rohingya ditolak warga Aceh

FAKTA.COM, Jakarta - Belakangan ini publik dibuat heboh dengan warga menolak kedatangan 249 pengungsi etnis Rohingya yang kapalnya mendarat di bibir pantai wilayah Aceh.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai, penolakan yang terjadi belum ke tingkat serius. Menurutnya, pemerintah sama sekali tak masalah apabila warga Rohingya hendak mengungsi ke wilayah Indonesia.

"Saya belum melihat ada yang serius, baru letupan-letupan sifatnya terbatas. Tapi intinya kita sangat welcome (terhadap pengungsi Rohingya)," kata dia kepada wartawan di Jakarta, dikutip Selasa (21/11/2023).

Muhadjir pun meminta warga Rohingya untuk tetap terlayani dengan baik. Kendati demikian, para pengungsi itu harus tetap memperhatikan kesediaan warga setempat.

Indonesia Ingatkan PBB, Sejuta Warga Rohingya Masih Terlantar

"Memang juga harus dilayani dengan baik, tetapi harus memperhatikan ketersediaan dari warga untuk menerima," kata dia.

Muhadjir pun menyadari bahwa penolakan yang dilakukan oleh masyarakat lantaran adanya perbedaan budaya antara warga lokal dengan para pengungsi. Dia juga berpesan agar tempat pengungsian Rohingya ditentukan jika mereka diterima. 

"Ini kan berkaitan dengan masalah kehadiran sebuah entitas di suatu tempat yang itu tentu saja bukan sekadar orang, tapi juga berkaitan dengan budayanya perilakunya, kemudian akomodasinya," kata Muhadjir.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//