Viral Aaron Bushnell, Tentara AS yang Bakar Diri untuk Bela Palestina

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
27 Februari 2024 11:06 WIB
Aaron Bushnell, seorang tentara AS yang melakukan aksi protes ekstrem untuk membela Palestina. (Sumber: akun Facebook We Love USA)

FAKTA.COM, Jakarta - Seorang tentara aktif Angkatan Udara AS, Aaron Bushnell, meninggal dunia setelah membakar diri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, AS. Bushnell menyerukan pesan terakhir, yaitu "bebaskan Palestina".

Dikutip dari Middle East Eye, Selasa (27/2/2024), video yang beredar di media sosial memperlihatkan Busnhell yang mendeklarasikan dirinya tidak akan terlibat dalam genosida. Aksi bakar diri menjadi bentuk protes terhadap serangan Israel ke Palestina.

Israel Kecam Putusan Genosida, Mahkamah Internasional Dicap Antisemit

"Nama saya adalah Aaron Bushnell. Saya seorang anggota tentara aktif Angkatan Militer AS. Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida. Saya akan melakukan aksi protes yang ekstrem. Namun, jika dibandingkan dengan apa yang dialami rakyat Palestina di tangan penjajah. Hal ini tidaklah ekstrem sama sekali. Inilah yang diputuskan oleh penguasa sebagai hal yang normal. Bebaskan Palestina!" kata dia dalam video yang dibuat sembari berjalan di depan kedutaan.

Pria berusia 25 tahun menyiram dirinya dengan cairan, lalu menyulut diri dengan korek api. Aksi bakar diri ini direkam di platform streaming Twitch. Terlihat dia memakai baju seragam tentara.

Video itu juga memperlihatkan dua aparat penegak hukum mendekati dirinya ketika Bushnell terbakar. Salah seorang aparat menodongkan senjata, sementara yang lain mengatakan, "Saya butuh alat pemadam kebakaran."

Diketahui sang tentara terbakar sekitar 1 menit sebelum petugas memadamkan api.

Breaking News: Mahkamah Internasional Memutuskan Israel Harus Hentikan Genosida

Siapa Aaron Bushnell? Aaron Bushnell merupakan seorang pria yang tinggal di San Antonio, Texas. Dia sedang mengenyam program sarjana di bidang rekayasa perangkat lunak.

Pentagon angkat bicara tentang aksi protes Bushnell dan menyebut kematiannya sebagai peristiwa yang tragis. Juru Bicara Pentagon, Mayor Jenderal Patrick Ryder, berkata Menteri Pertahanan AS, Lyold Austin, sedang mengikuti perkembangan kasus itu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//