Usai Akui Negara Palestina, Norwegia Alami Konflik Diplomasi dengan Israel

Bendera Norwegia dan Palestina. (Ilustrasi)

FAKTA.COM, Jakarta - Norwegia dan Israel mengalami konflik diplomasi atas keputusan Oslo mengakui negara Palestina. 

Langkah ini mendapat kecaman keras dari Tel Aviv, yang ditanggapi dengan serangkaian tindakan atas negara Nordik itu dan warga Palestina.

Baru-baru ini, Israel membatalkan kewenangan diplomat Norwegia terkait Otoritas Palestina, atas keputusannya pada akhir Mei yang mengakui negara Palestina mengikuti langkah Spanyol dan Irlandia. Israel juga melaporkan penarikan dan pembatalan beberapa deposit bank atas rekening di Norwegia.

"Kami menerima pesan dari pemerintahan Netanyahu bahwa pihaknya tidak akan lagi memfasilitasi pekerjaan diplomat Norwegia di wilayah Palestina," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Norwegia, dikutip dari Anadolu, Minggu (12/8/2024).

"Tindakan ekstrem ini sangat berpengaruh terhadap pemberian bantuan kepada Palestina. Keputusan Israel membatalkan status diplomatik anggota kedutaan kami adalah langkah ekstrem dan akan ada konsekuensinya," sebut kementerian itu.

Warga Hiroshima - Nagasaki Tolak Kedatangan Israel dalam Acara Peringatan Bom Atom

Kemlu Norwegia menambahkan pihaknya sedang menilai kemungkinan menanggapi situasi yang diciptakan pemerintahan Netanyahu.

Sementara itu, pihak Israel mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai tanggapan adanya "langkah-langkah anti-Israel dan sepihak" yang dilakukan Pemerintah Norwegia.

Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan telah memanggil duta besar Norwegia dan memberitahu bahwa akreditasi para diplomat akan dicabut dalam tujuh hari dan visa mereka dalam tiga bulan.

Beberapa hari kemudian, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menolak permintaan kunjungan Menlu Norwegia Espen Barth Eide.

"Oslo mengakui negara Palestina, menolak mengakui Hamas sebagai organisasi teror, dan mendukung gugatan Afrika Selatan terhadap Israel di Den Haag,” ujar Menlu Israel, menurut laporan Times of Israel.

Mei lalu, Norwegia mengakui negara Palestina menyusul Spanyol dan Irlandia yang kemudian diikuti Slovenia dan Armenia pada Juni. Tindakan ini menyulut kemarahan Israel yang bersumpah akan melakukan pembalasan. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//