`Teror` Kutu Busuk di Sejumlah Negara

Kutu busuk. (Dokumen Shutterstock)

FAKTA.COM, Jakarta – Kutu busuk (sering disebut bangsat, kepinding, atau tumbila) belakangan ini menjadi buah bibir masyarakat. Hal ini disebabkan oleh “vampir kecil” sudah mewabah di beberapa negara.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Jumat (17/11/2023), ada beberapa negara yang kelimpungan gara-gara serangan kutu busuk. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Perancis

Beberapa waktu yang lalu, Perancis pusing tujuh keliling gara-gara ibu kota negaranya, Paris, diserang kutu busuk. Padahal, Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 pada tahun depan.

People menyebutkan bahwa serangga itu sudah ditemukan di hampir semua penjuru kota, seperti metro, hotel, bioskop, bahkan Bandara Charles de Gaulle.

Mengenal Kutu Busuk, Serangga yang Mewabah di Paris

2. Inggris

Dikutip dari Sky News, Jumat (17/11/2023), menurut data perusahaan pengendalian hama, Rentokill, serangan kutu bangsat ini meningkat 65% di Inggris dari 2022 ke 2023.

Temuan in tidak mengejutkan Natalie Bungay dari British Pest Control Association. Laporan kasus kutu busuk cenderung naik pada musim panas seiring dengan banyaknya orang bepergian.

Ahli mikrobiologi sekaligus pendiri Bed Bugs Ltd, David Cain, memperkirakan 5% rumah tangga di London, Inggris, pernah mengalami serangan kutu busuk selama dua tahun terakhir. Serangga ini juga telah ditemukan di bus, kereta api, bahkan rumah sakit sekalipun, ujar Cain.

3. Korea Selatan

Mengutip Today Online, awal November, Korea Selatan meningkatkan tindakan pencegahan penyebaran kutu busuk. Ini menyusul laporan dugaan serangan kutu busuk di tempat sauna dan perumahan.

Ada 30 kasus dugaan infestasi (serangan kutu atau hama pada makhluk hidup) kutu busuk secara nasional. Salah satunya terjadi di spa tradisional di Incheon dan asrama perguruan tinggi di tenggara Daegu.

Serangan hewan bernama latin Cimex lectularius membuat pemerintah setempat memerintahkan operator kereta rutin menyemprot unit dengan cairan disinfektan. Operator kereta juga diminta untuk mengganti kursi kain dengan plastik.

Pengemudi taksi dan bus pun juga diminta untuk menyemprot cairan disinfektan sehari dua kali. Industri hotel dan pariwisata pun juga meningkatkan kewaspadaan.

Hewan Ini Punya Hidup Tersingkat Sedunia

4. Singapura

Selain negara-negara di atas, kutu busuk juga dikabarkan menyerang Singapura. Perusahaan pengendalian hama di Singapura, Aardwolf Pestkare, mencatat kasus serangan kepinding di Singapura naik 40% dalam dua bulan, dikutip dari Channel News Asia.

Pestbuster--perusahaan pengendalian hama di Singapura--mencatat kasus kutu busuk naik 10-15% selama enam bulan terakhir.

Manajer penjualan Aardwolf Pestkare, Pierce Chan, memperkirakan jumlah infestasi kutu busuk akan naik 20-30% pada kuartal I 2024. Peningkatan ini terjadi karena orang-orang pulang dari ke luar negeri untuk berlibur.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//