Soal Pengungsi Rohingya, Jokowi: Kita Tampung Sementara

Presiden Joko Widodo. (Dokumen BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia akan menampung sementara pengungsi Rohingya yang berdatangan ke Aceh. Hal ini dikatakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sampaikan sementara kita tampung. Sementara,” kata Jokowi di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Akan tetapi, dia tidak menjelaskan secara detail lokasi penampungan sementara untuk pengungsi Rohingya. Dikatakan bahwa pemerintah masih membahas masalah ini bersama UNHCR.

Mahfud: Pemerintah Cari Solusi Soal Ribuan Pengungsi Rohingya

“Kita masih berbicara dengan organisasi-organisasi internasional,” kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bahwa masyarakat setempat tidak bisa menerima para pengungsi ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menyatakan kedatangan para pengungsi Rohingya melibatkan sindikat tindak pidana perdagangan dan penyelundupan manusia. Pemerintah Indonesia tetap akan membantu para pengungsi atas dasar kemanusiaan, namun dengan mempertimbangkan kepentingan warga setempat. Pemerintah juga akan menindak tegas jaringan penyelundup yang terlibat.

Kemudian, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan para pengungsi Rohingya yang datang ke Indonesia menjadi korban mafia.

Heboh Warga Aceh Tolak Pengungsi Rohingya

“Memang ini adalah sindikat, sudah (ada yang) ditangkap polisi. Namun, kita harapkan juga bahwa ini akan bisa kita hindarkan di kemudian hari, karena mereka juga adalah korban-korban dari mafia-mafia yang membawa mereka,” ujar Yasonna di acara Hari HAM se-Dunia ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/12/2023).

Para pengungsi ini, lanjut Yasonna, menjual semua harta bendanya di negara asal agar bisa datang ke Indonesia. Mereka ditawari janji hidup yang lebih layak oleh sindikat penyelundup manusia.

“Tapi sekarang kita lihat reaksi sosial dari masyarakat kita (yang menolak). Perbedaan kultur, perbedaan budaya selalu terjadi,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//