Sayap Kiri Prancis Unggul Pemilu Parlemen

Pemimpin partai ekstrem kanan Prancis National Party (RN), Jordan Bardella, dalam sebuah kegiatan partai. ANTARA/Anadolu/aa.

FAKTA.COM, Jakarta - Aliansi New Popular Front (NFP) yang berhaluan kiri memimpin dalam pemilihan parlemen Prancis pada Minggu (7/7/2024) yang menghentikan kebangkitan kelompok sayap kanan.

NFP dapat memenangkan 180 hingga 215 kursi di DPR Prancis yaitu Majelis Nasional, menurut proyeksi berdasarkan perkiraan perusahaan survei Ifop.

Aliansi berhaluan tengah, Together for the Republic, yang didukung oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron berada di peringkat kedua dengan 150 hingga 180 kursi.

Sementara National Rally (RN) sayap kanan pimpinan Marine Le Pen, yang sempat unggul pada pemilu putaran pertama, bakal memperoleh 120 hingga 150 kursi.

Ratusan Kandidat Pemilu Prancis Mundur, Demi Lawan Sayap Kanan


Majelis Nasional memiliki total 577 kursi dan tidak satupun dari tiga blok utama tersebut diproyeksikan memperoleh mayoritas absolut dengan 289 kursi.

Proses pemungutan suara pemilihan parlemen selama 12 jam berakhir pada Minggu (7/7/2024) pukul 8 malam waktu setempat (atau Senin pukul 01.00 WIB). Lebih dari 43 juta pemilih terdaftar memberikan suara mereka untuk pemilu putaran kedua.

Para pemilih menuju ke tempat pemungutan suara yang dibuka pukul 8 pagi (13.00 WIB) untuk memilih 501 anggota Majelis Nasional yang tersisa untuk masa jabatan lima tahun.
Pemilu putaran pertama diadakan pada 30 Juni dengan lebih dari 49 juta pemilih dan 76 kandidat terpilih. Ifop memperkirakan jumlah pemilih mencapai 67,5 persen pada jam 8 malam (01.00 WIB).

Pada putaran pertama, RN memperoleh 29,26 persen persen suara (37 kursi), angka yang meningkat menjadi lebih dari 33 persen jika digabungkan dengan berbagai peserta pemilu yang menjadi sekutunya.

Pemilu Prancis Jadi Sinyal Menguatnya Cengkeraman Sayap Kanan di Eropa

Sedangkan NFP mendapat 28,06 persen (32 kursi), dan aliansi sentris Together for the Republic yang didukung oleh Presiden Macron menempati posisi ketiga dengan meraih suara sedikit di atas 20,04 persen (dua kursi).

Sebuah partai politik atau suatu blok aliansi politik membutuhkan setidaknya 289 kursi untuk mendapatkan mayoritas di Majelis Nasional.

Sebelumnya, Macron memutuskan untuk membubarkan parlemen dan mengumumkan pemilu dini setelah RN meraih lebih dari 31 persen suara dalam pemilu Parlemen Eropa pada 9 Juni, mengalahkan blok sentris yang dipimpinnya. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//