Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tetap Bela Palestina

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. (Dokumen Kementerian Luar Negeri)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, berjumpa dengan Menteri Luar Negeri Belanda, Hanke Bruins Slot. Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan itu adalah konflik yang terjadi di Palestina.

Retno menegaskan Indonesia tetap membela Palestina di pertemuan itu.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, Rabu (1/11/2023), di hadapan pejabat Belanda, dia mengaku kecewa dengan sikap Dewan Keamanan PBB yang seolah tidak berbuat apa-apa terhadap konflik yang terjadi di Gaza.

Indonesia Siap Kirim Bantuan ke Palestina

“Saya tidak habis pikir dengan situasi kemanusiaan seperti ini DK PBB masih berdiam diri hingga saat ini. Indonesia tidak akan mundur dalam membela keadilan dan kemanusiaan rakyat Palestina,” kata dia di Jakarta.

Retno mengatakan dewan tersebut mengadakan rapat untuk menyimak laporan dari United Nations Relief and Works Agency (UNRWA), United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA), dan United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) tentang situasi terkini di Gaza. Semua laporan itu menunjukkan keputusasaan masyarakat di sana semakin meningkat.

Retno pun mengutip sebagian dari laporan UNOCHA bahwa lebih dari dua juta orang terjebak di Jalur Gaza. Mereka terkepung selama 23 hari di tengah penyerangan.

Utusan Palestina di PBB Sebut Gaza Jadi Neraka Dunia

Menurut data Kementerian Kesehatan, lebih dari 8 ribu orang terbunuh dan 66% di antaranya adalah perempuan dan anak-anak. Puluhan ribu orang terluka. Masyarakat di sana pun kesulitan mencari air, makanan, dan tempat berlindung.

“Skala kengerian yang dialami masyarakat di Gaza sulit untuk diungkapkan,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//