Mengenal Nicole Shanahan, Mantan Istri Pendiri Google yang Jadi Cawapres AS

Nicole Shanahan, (Dokumen Wikimedia)

FAKTA.COM, Jakarta - Calon presiden AS, Robert F. Kenedy Jr., menunjuk Nicole Shanahan sebagai calon wakil presiden. Siapa itu Nicole Shanahan?

Dikutip dari The Hollywood Reporter dan Fox News, Kamis (28/3/2024), Shanahan merupakan seorang pengacara dan filantropis Silicon Valley. Wanita asal Oakland, AS, bukan berasal dari keluarga berada. Dia tumbuh dalam keluarga yang bergantung kepada tunjangan makanan.

Ayah Shanahan diketahui seorang pengidap skizofrenia dan memiliki masalah kecanduan seumur hidup. Menurut berbagai sumber, ibunya adalah seorang imigran dari China.

Kondisi itu tidak membuatnya patah semangat. Dia mengenyam pendidikan di University of Puget Sound di Tacoma, AS dan Santa Clara University School of Law.

Shanahan juga merupakan seorang pendiri dan pimpinan Bia-Echo Foundation, sebuah perusahaan swasta yang berfokus kepada hal-hal, seperti reformasi peradilan pidana, planet yang sehat dan layak bumi, serta kesetaraan reproduksi.

Wanita bernama lengkap Nicole Ann Shanahan menikah dengan pendiri Google, Sergrey Brin pada 2018 dan bercerai pada 2023. Pernikahan keduanya kandas setelah muncul laporan dia berselingkuh dengan CEO Tesla, Elon Musk.

Joe Biden Beri Selamat via Telepon, Prabowo: Saya Pengagum Anda Sejak Lama

Semula Batal Dukung Kennedy

Wanita kelahiran 1985 ini merupakan seorang donatur yang menyumbang Partai Demokrat dan kelompok sayap kiri, termasuk mendukung Joe Biden dalam pencalonannya di Pemilu 2020.

Shanahan pada awalnya membatalkan dukungan kepada Kennedy setelah sang capres mencalonkan diri sebagai calon independen. Akan tetapi, dia melanjutkan dukungan dengan memberikan US$4 juta kepada super PAC yang mendorong pencalonannya dengan iklan yang bertema John F. Kennedy. Iklan ini ditayangkan selama Super Bowl pada Februari 2024.

Diketahui dia juga menyumbang kepada capres dari Partai Demokrat, Marianne Williamson dan Pete Buttigieg selama Pemilu 2020. Dia juga memberikan lebih dari US$150 ribu untuk tawaran Pemilu 2020 dari Jaksa Wilayah Los Angeles, George Gascon.

Kini, Giliran Biden Beri Selamat kepada Prabowo

Ditunjuk Sebagai Cawapres

Kennedy mengusung Shanahan sebagai wakilnya dan memuji wawasan tentang penggunaan AI, kemampuan atletik, serta kesediaan untuk menjadi mitra di sejumlah bidang kebijakan.

"Saya ingin mitra yang bergagasan kuat tentang cara membalikkan ancaman mengerikan terhadap demokrasi dan kebebasan kita. Saya berhasil menemukan seorang pakar teknologi di garis depan AI," kata Kennedy ketika memperkenalkan Shanahan.

Menurut Kennedy, wanita berusia 38 tahun itu telah menggunakan teknologi untuk mengidentifikasi pelanggaran dalam pemerintahan.

"Seorang wanita yang tumbuh di sini, Oakland. Putri para migran yang mengatasi setiap rintangan yang berat dan terus mencapai tingkat tertinggi impian Amerika dan sebagai sesama pengacara, ilmuwan yang brilian, pakar teknologi, serta ibu yang tegas," ujar dia.

Shanahan juga mengatakan akan meninggalkan Partai Demokrat. Menurutnya, partai ini seharusnya menjadi partai kebebasan berpendapat.

"Meskipun tahu banyak anggota Partai Demokrat yang masih menganut nilai-nilai tersebut, saya yakin mereka telah kehilangan arah dalam kepimpinan mereka," ujar dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//