MBS Desak AS untuk Hentikan Israel Menyerang Gaza

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (Dokumen Wikipedia)

FAKTA.COM, Jakarta – Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. MBS menekankan Blinken agar menghentikan Israel menyerang Gaza, Palestina.

Dikutip dari Arab News, Selasa (9/1/2024), dalam pertemuan di AlUla, Arab Saudi, MBS menekankan pentingnya menghentikan operasi militer Israel di Gaza. Dia juga mendesak agar lebih banyak bantuan kemanusiaan yang masuk serta menstabilkan kondisi di sana.

MBS juga mendesak agar ada jalur perdamaian untuk memastikan warga Palestina mendapatkan hak-haknya.

Menlu Retno Sindir Negara Maju soal Penerapan Standar Ganda ke Palestina

Sementara itu, dikutip dari Al Arabiya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Matt Miller, mengatakan kunjungan Blinken ke Arab Saudi terjadi saat kekhawatiran perang Israel-Hamas terus meningkat.

“Menteri menggarisbawahi perlu segera mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza dan mencegah konflik menyebar,” kata Miller.

Kedua belah pihak juga membahas upaya untuk mengurangi ketegangan regional, termasuk mencegah serangan Houthi terhadap kapal komersial di Laut Merah.

Blinken, lanjut Miller, menekankan pembangunan kawasan yang lebih aman, sejahtera, dan terintegrasi, termasuk pembentukan negara Palestina yang merdeka.

Terkait dengan bahasan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel, Arab Saudi secara konsisten menekankan bahwa negara Palestina merupakan syarat yang mutlak.

Larangan Kerja Bagi Warga Palestina Bikin Ekonomi Israel Rugi Bandar

Di samping serangan Israel ke Gaza, pertemuan MBS dengan Blinken juga membahas hal-hal lain, seperti hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara.

Sekadar informasi, kedatangan Blinken di Arab Saudi merupakan serangkaian tur diplomatik untuk menghentikan perang di Gaza meluas.

Kemarin, Blinken mengunjungi Abu Dhabi. Dia bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) dan menekankan pentingnya menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Pejabat AS itu juga mengunjungi Yordania dan Qatar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//