Jokowi Ungkap Joe Biden Tidak Tanggapi Desakan soal Gaza

20 November 2023 20:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Dokumen BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Presiden AS, Joe Biden, untuk ikut menghentikan kekejaman di Gaza, Palestina dan gencatan senjata dilakukan. Akan tetapi, Biden tidak menanggapi desakan itu.

Hal ini diungkapkan Jokowi pada Senin (20/11/2023).

Bantuan Kemanusiaan RI untuk Palestina Tiba di Mesir

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, dia mengatakan desakan-desakan itu disampaikan ketika bertemu di Gedung Putih, Washington DC, AS, dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC San Fransisco. Pertemuan ini membahas konflik di Gaza. Meskipun tidak direspons, Jokowi menilai desakan-desakan itu menjadi masukan bagi Biden.

“Saya kira dari apa yang kami sampaikan saya pastikan dicatat, menjadi catatan,” kata dia.

Selain kekejaman diakhiri, Jokowi juga mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan. Perang pun harus disetop dan bantuan kemanusiaan harus dipermudah masuk ke Gaza.

Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tetap Bela Palestina

Jokowi juga mengatakan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, bersama beberapa menteri luar negeri dari negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan mengunjungi sejumlah negara. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas konflik Gaza.

Para menteri ini akan menyampaikan hasil pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI di Arab Saudi.

“Kita memang menjadi salah satu utusan dari OKI untuk menyampaikan hasil-hasil yang kita bicarakan di Saudi Arabia,” kata dia.

Bagikan:

Komentar (0)

Login to comment on this news
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs