Joe Biden Lebih Pilih Jeda Kemanusiaan daripada Gencatan Senjata

Presiden AS, Joe Biden. (Dokumen White House)

FAKTA.COM, Jakarta – Presiden AS, Joe Biden, lebih memilih opsi jeda kemanusiaan untuk masalah konflik Israel-Hamas. Ucapan ini dilontarkan ketika ada desakan dari seseorang untuk opsi gencatan senjata.

Dikutip dari Arab News, Kamis (2/11/2023), kala itu, Biden sedang berkampanye di Minnesota, AS. Di sana ada seorang wanita yang menyerukan jeda kemanusiaan di perang Israel-Hamas.

Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tetap Bela Palestina

“Sebagai seorang rabi, saya meminta Anda untuk mendesak gencatan senjata sekarang,” kata wanita itu.

Menanggapi permintaan itu, dia justru menyebut pilihan jeda kemanusiaan.

“Saya berpikir kita perlu jeda kemanusiaan. Jeda di sini artinya memberikan waktu untuk mengeluarkan tahanan,” kata Biden.

Mengenai komentar Biden, Gedung Putih mengklarifikasi bahwa tahanan yang dimaksud adalah orang-orang yang ditawan oleh Hamas.

PBB: Serangan Israel ke Jabalia Bisa Jadi Kejahatan Perang

“Saya orang yang meyakinkan Bibi (panggilan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu) untuk mendesak gencatan senjata agar para tahanan bisa dikeluarkan. Saya juga orang yang meyakinkan El Sisi (Presiden Mesir, Abdel Fattah El-Sisi), untuk membuka pintu perbatasan dan mengizinkan para tahanan keluar dari Gaza,” kata dia.

Sebelumnya, Gedung Putih mendesak ada jeda kemanusiaan agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza dan mengevakuasi warga. Tapi, pihak itu menolak berdiskusi tentang gencatan senjata.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//